Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

KKN UMY Beri Pelatihan Pemasaran Digital ke Bumdes

Senin 15 Feb 2021 06:15 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta.

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta.

Foto: muhammadiyah.or.id
Pelatihan tidak cuma memaksimalkan sosial media sebagai sarana pemasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terlibat aktif membantu dan memberi edukasi masyarakat dalam menghadapi masa pandemi. Salah satunya melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis IT seperti yang dilakukan kelompok KKN IT 042.

Kelompok ini mengadakan pelatihan pemanfaatan pemasaran digital sebagai sarana promosi bersama mitra kelompok Bumdes dan UMKM. Dilakukan ke Pedukuhan Pandes,  Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, secara daring dan luring.

Dosen pembimbing lapangan KKN IT 042 UMY, Dr Arni Surwanti mengatakan, kegiatan

pemanfaatan pemasaran digital merupakan salah satu program untuk membantu mitra memaksimalkan pemasaran secara daring. Tujuannya, mencakup pelanggan lebih luas.

Terlebih, sampai saat ini pandemi covid-19 di Indonesia belum menunjukkan kurva penurunan secara signifikan. Namun, Arni menekankan, semangat pelaku usaha UMKM maupun Bumdes untuk senantiasa mempertahankan usahanya harus tetap terjaga.

"Dengan memanfaatkan teknologi mereka dapat menggunakan media tersebut dengan sebaik-baiknya dalam sektor pemasaran mereka melalui media sosial," kata Arni.

Bumdes dan UMKM turut menceritakan pengalaman mereka yang cukup sulit dalam mengembangkan usahanya akibat terdampak pandemi Covid-19. Maka itu, pelatihan ditujukan pula ke pelaku usaha yang sedang membenahi usaha agar tetap berjalan.

Dosen Prodi Magister Manajemen UMY, Retno Widowati, menjadi salah satu pemateri. Pelatihan pemasaran digital ini dihadiri enam pegawai Bumdes dan 12 pelaku UMKM secara daring dan 10 UMKM yang hadir secara luring.

Selain itu, kegiatan pelatihan ini melibatkan mitra Bumdes dan Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas), Organisasi sosial Kampoeng Dolanan serta UMKM kuliner yang terdapat di Pedukuhan Pandes, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon.

Retno menekankan, pelatihan tidak cuma memaksimalkan sosial media sebagai sarana pemasaran. Tapi, meningkatkan ketekunan dan niat dalam mengelola suatu usaha yang merupakan kunci besar kesuksesan pemasaran, serta dalam kondisi apapun.

"Misalnya saja dalam menghadapi pandemi Covid-19, walaupun penjualan berkurang, namun mereka tetap bisa menggunakan media sosial untuk pemasaran," ujarnya.

Melalui KKN IT UMY 042, diharapkan kegiatan pelatihan yang ada memberi manfaat bagi Bumdes dan UMKM. Terutama, untuk mengetahui strategi dalam memaksimalkan sosial media memajukan jasa dan produk mereka lewat pemasaran promosi daring.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile