Rabu 24 Feb 2021 20:29 WIB

Rumah Sakit Lapangan di Solo Diresmikan

Semua peralatan di Rumkitlap bisa dipindahkan portabel sehingga lebih efektif

Rep: Binti Sholikah/ Red: Gita Amanda
Kondisi rumah sakit lapangan (rumkitlap) rujukan Covid-19 di Benteng Vastenburg Solo saat diresmikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Rabu (24/2).
Foto:

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Yulianto Prabowo, mengatakan, kasus penyebaran Covid-19 di Jateng hingga 23 Februari 2021 terhitung 150.659 kasus dengan rincian pasien dirawat 7.150 orang, pasien yang sudah sembuh 134.084 orang dan yang meninggal dunia 9.425 orang.

"Tidak ada wilayah di Jateng yang terbebas dari Covid-19. Melihat fakta tersebut penting dilakukan kerja sama bupati/wali kota, tokoh masyarakat, tokoh agama, semua warga Jateng untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," ucap Yulianto saat membacakan sambutan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Pemprov Jateng menyampaikan terima kasih apresiasi terhadap TNI AD yang sudah menginisiasi pendirian Rumkitlap tersebut. Diharapkan Rumkitlap bisa membantu penanganan pasien Covid-19 di Solo dan sekitarnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo, Ahyani, mengatakan, teknis rujukan pasien Covid-19 dalam kota, dari fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit, akan langsung diarahkan ke Rumkitlap. Sementara pasien Covid-19 dari luar Solo teknisnya dari Satgas Covid-19 di kabupaten lalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Solo, lalu dikomunikasikan dengan pengelola Rumkitlap.

"Urutan dari faskes baru dikirim ke sini, melihat kesiapan di sini kapasitas bednya, kalau di sini siap menerima kami kirim ke sini," kata Ahyani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement