Jumat 05 Mar 2021 16:25 WIB

Mentan Dorong Gerakan Padat Karya di Karanganyar

Padat karya merupakan langkah Kementan ajak masyarakat jamin ketersediaan pangan

Rep: Binti Sholikah/ Red: Gita Amanda
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyemprot tanaman padi dengan cairan pembasmi hama di sela-sela meninjau lahan pertanian di Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (5/3).
Foto:

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan Kabupaten Karanganyar saat ini sudah melakukan ekspor berbagai komoditas pertanian ke luar negeri. Pada Kamis (4/3), Pemkab Karanganyar melepas ekspor jahe yang sudah diolah menjadi permen ke Amerika. Dia menyebut, dalam setahun Amerika membutuhkan sekitar 200 kontainer jahe gajah dari Karanganyar.

"Juga ketela, semua ketela yang ada di Kecamatan Ngargoyoso diekspor ke Korea. Mudah-mudahan akan diikuti oleh eksportir-eksportir lain dari Karanganyar," ujar Bupati.

Juliyatmono menyebut, penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) di Karanganyar mayoritas berasal dari sektor pertanian. Selama ini, sektor pertanian dikembangkan secara gotong royong. "Tentu akan kami kembangkan lagi, supaya Karanganyar bisa menjadi sentra kelapa dunia. Ini sangat dibutuhkan, di samping padi yang surplus terus setiap tahun," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement