Kamis 01 Apr 2021 17:06 WIB

Presiden Prancis Perintahkan Lockdown Nasional Ketiga

Sekolah di Prancis akan ditutup selama tiga minggu

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Presiden Prancis Emmanuel Macron
Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Presiden Prancis Emmanuel Macron

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Rabu (31/3) memerintahkan Prancis lockdown nasional ketiga, dan menutup sekolah selama tiga minggu. Prancis berusaha menekan gelombang ketiga infeksi Covid-19 yang dapat membuat rumah sakit terpukul.

Dengan jumlah kematian akibat virus corona di Prancis mendekati 100 ribu, unit perawatan intensif rumah sakit di daerah yang paling terpukul Covid-19 telah mencapai titik maksimal. Sementara program vaksin Covid-19 di Prancis lebih lambat dari yang direncanakan. Hal itu menyebabkan Macron terpaksa meninggalkan keinginannya membuka kembali negaranya untuk mendorong perekonomian. 

Baca Juga

"Kami akan kehilangan kendali jika kami tidak bergerak sekarang," kata Macron.

Macron telah berusaha untuk menghindari lockdown skala besar ketiga sejak awal tahun. Dia bersikukuh bahwa Prancis bisa memenangkan pertempuran melawan virus korona tanpa harus menerapkan kembali karantina wilayah atau lockdown. Namun Macron kehabisan opsi karena muncul varian baru virus corona yang lebih menular di Prancis dan sebagian besar Eropa.

“Ini adalah solusi terbaik untuk memperlambat virus,” kata Macron. 

Jumlah kasus baru virus corona setiap hari di Prancis telah berlipat ganda sejak Februari menjadi rata-rata hampir 40 ribu. Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di perawatan intensif telah menembus 5.000. Jumlah tersebut melebihi jumlah puncak yang dicapai selama penguncian atau lockdown selama enam minggu akhir tahun lalu.

"Kapasitas tempat tidur di unit perawatan kritis akan ditingkatkan menjadi 10.000," kata Macron.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا تَأْوِيْلَهٗۗ يَوْمَ يَأْتِيْ تَأْوِيْلُهٗ يَقُوْلُ الَّذِيْنَ نَسُوْهُ مِنْ قَبْلُ قَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّۚ فَهَلْ لَّنَا مِنْ شُفَعَاۤءَ فَيَشْفَعُوْا لَنَآ اَوْ نُرَدُّ فَنَعْمَلَ غَيْرَ الَّذِيْ كُنَّا نَعْمَلُۗ قَدْ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ وَضَلَّ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَفْتَرُوْنَ ࣖ
Tidakkah mereka hanya menanti-nanti bukti kebenaran (Al-Qur'an) itu. Pada hari bukti kebenaran itu tiba, orang-orang yang sebelum itu mengabaikannya berkata, “Sungguh, rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran. Maka adakah pemberi syafaat bagi kami yang akan memberikan pertolongan kepada kami atau agar kami dikembalikan (ke dunia) sehingga kami akan beramal tidak seperti perbuatan yang pernah kami lakukan dahulu?” Mereka sebenarnya telah merugikan dirinya sendiri dan apa yang mereka ada-adakan dahulu telah hilang lenyap dari mereka.

(QS. Al-A'raf ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement