REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) terus berupaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) nya.
”Untuk mendukung hal tersebut Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas BSI bekerja sama dengan LSP PT Sinergi Global Servis menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi (Serkom) skema tenaga pemasar operasional penjualan untuk dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Kamis, 22 April 2021 lalu,” tutur Kepala LSP Universitas BSI, Tati Mardiana, Jum’at (21/5).
Skema ini terbagi menjadi 6 unit kompetensi, antara lain mengidentifikasi elemen perusahaan, melaksanakan komunikasi yang efektif, melakukan penulisan bisnis (business writing), melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial, melaksanakan keterampilan penjualan dan menyusun rencana aktivitas penjualan.
”Sertifikasi kompetensi berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh 40 peserta sertifikasi kompetensi. Pada hari pertama, Selasa, 20 April 2021 dilakukan pelatihan secaran daring yang dibekali materi oleh Prof. Dr. Ir. Bernard T. Widjaja, Dra Ester B. Kaeng dan Citra Ayu Eka P terkait unit-unit dari skema yang akan diujikan,” pungkas Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI, Dr Ani Wijayanti, Jum’at (21/5).
Selanjutnya, pada hari kedua yakni Kamis, 22 April 2021 kegiatan sertifikasi dilakukan secara offline yang bertempat di kampus Universitas BSI Kampus Jatiwaringin dengan menerapkan protokol kesehatan.”Peserta sertifikasi kompetensi sangat antusias dalam melakukan demonstrasi kegiatan keterampilan penjualan, terlihat beberapa peserta membuat kelompok dan saling menjelaskan produk yang dimilikinya,” ujarnya.
Ia berharap dengan terlaksananya kegiatan sertifikasi kompetensi ini, dapat berdampak positif bagi kualitas dosen Universitas BSI khususnya pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis.