Kamis 05 Aug 2021 08:12 WIB

Dosen Kebidanan: Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tidak perlu khawatir bahkan dianjurkan untuk ikut vaksinasi.

Red: Mas Alamil Huda
Ibu hamil rentan terpapar covid. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ibu hamil rentan terpapar covid. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI - Dosen Poltekkes Kemenkes Malang, Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri Susanti Pratamaningtyas mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil diperbolehkan dan aman. Keputusan Kemenkes untuk membolehkan vaksin Covid-19 bagi ibu hamil tentu melalui kajian yang panjang dan matang.

"Sesuai dengan SE Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 vaksinasi untuk ibu hamil sudah diperbolehkan dan dinyatakan aman. Justru hal tersebut sangat disarankan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil," kata Susanti di Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/8).

Menurut Susanti yang juga seorang bidan ini, kehamilan dikategorikan sebagai komorbid ketika terpapar Covid-19. Ibu hamil, kata dia, sistem kekebalan tubuhnya rawan menurun. Dengan divaksin, hal tersebut bisa membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh untuk ibu hamil.

Oleh karena itu, lanjut dia, ibu hamil tidak perlu khawatir bahkan dianjurkan untuk ikut vaksinasi. Dengan itu, diharapkan kematian ibu hamil akibat Covid-19 bisa ditekan. Wanita yang juga bertindak sebagai Kepala Program Studi Kampus IV Kebidanan Kediri ini juga menambahkan, saat ini kasus kematian akibat Covid-19 pada ibu hamil perlu diwaspadai.