Jumat 20 Aug 2021 13:49 WIB

MUI Kenalkan Islam Wasathiyah ke Pelajar Afghanistan

Pelajar Afghanistan dikenalkan dengan pengamalan Islam di Indonesia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
MUI Kenalkan Islam Wasathiyah ke Pelajar Afghanistan. Foto:   Sekjen MUI - Amirsyah Tambunan
Foto: Republika/Putra M. Akbar
MUI Kenalkan Islam Wasathiyah ke Pelajar Afghanistan. Foto: Sekjen MUI - Amirsyah Tambunan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan menyampaikan, MUI memiliki peran yang signifikan dalam perdamaian di Afghanistan. Peran MUI bersama pemerintah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dilakukan dengan jelas dan langkah-langkah yang konkret.

Peran tersebut, lanjut Amirsyah, ialah melalui pendidikan berupa pemberian beasiswa dan pelatihan singkat kepada 80 pelajar asal Afganistan untuk mendalami ilmu agama Islam di pesantren Indonesia. Para siswa diberikan pemahaman Islam wasathiyah baik teori maupun praktik di Pesantren Tazakka Batang dan Darul Amanah Kendal Jawa Tengah dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Baca Juga

Amirsyah mengatakan, angkatan pertama Diklat Pendalaman Agama Islam, yang meliputi 80 pelajar asal Afghanistan, telah memperolah gambaran tentang Indonesia sebagai negara yang aman dan damai.

"Ini merupakan bahan belajar bagi pelajar Afghanistan selama empat bulan di Pesantren Daarul Ulum di Lido, Bogor, dan Pesantren Tazakka di Batang dan Darul Amanah Kendal, Jawa Tengah," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (20/8).