Sabtu 18 Sep 2021 16:26 WIB

Maia Estianty Ungkap Idap Penyakit Langka

Penyakit langka Maia disebut sulit disembuhkan.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Maia Estianty
Maia Estianty

VIVA – Baru-baru ini Maia Estianty mengumumkan kepindahannya ke Amerika Serikat, bersama dengan dua putranya dan sang suami, Irwan Murssy. Maia Estianty diketahui akan menetap di Los Angles dan Hawaii selama 4 bulan lamanya.

Namun setelah mengumumkan kabar kepindahannya, Maia Estianty juga belum lama ini mengumumkan tentang penyakit kulit yang dideritanya selama ini. Maia mengaku bahwa dirinya memiliki penyakit langka yang sulit disembuhkan.

"Aku tuh punya penyakit Rosacea, penyakit kulit yang selalu merah dan susah disembuhkan," kata Maia seperti dikutip dari tayangan kanal YouTube Maia Al El Dul TV.

Lebih lanjut, dijelaskan Maia penyakit Rosacea yang dideritanya itu termasuk penyakit keturunan. Dimana penyakit Rosacea, itu nampak seperti jerawat namun bukan seperti jerawat.

"Sebenernya aku menderita penyakit Rosacea, Rosacea itu penyakit kulit keturunan yang nampaknya jerawat tapi enggak. kulitnya itu merah dan susah disembuhin dan bahkan gak bisa disembuhkan," kata Maia.

Lebih lanjut, Maia pun mengungkapkan bahwa dirinya sering melakukan treatment bahkan memiliki klinik kecantikan adalah untuk merawat wajahnya. Mengingat wajahnya yang sering kemerahan jika berada di cuaca panas, maupun dingin.

"Makanya aku sering ke klinik karena aku butuh untuk treatemen itu supaya enggak merah, karena kalau kena panas dikit merah, kena dingin dikit merah, kena apa dikit merah jadi buat kalian yang memiliki Rosacea orang bilang beruntusan bukan beruntusan," kata Maia.

Dilansir dari situs resmi Persatuan Dokter Kulit Indonesia (PERDOSKI), penyakit Roscasea yang diidap Maia Estianty merupakan penyakit yang bersifat kambuhan, dalam arti Anda dapat mengalaminya selama beberapa waktu dan membaik dengan pengobatan. Namun, di kemudian hari bisa timbul kembali bila berhadapan dengan faktor pemicunya.

Gejala Rosacea Berdasarkan Jenisnya

Pada umumnya, Rosacea ditandai dengan kulit yang memerah, terasa panas dan terbakar, menjadi lebih sensitif dan terlihat adanya pembuluh darah yang melebar.

Sedangkan faktor penyebab Rosacea seperti yang dialami oleh Maia Estianty sendiri belum diketahui pasti, namun lebih sering terjadi pada orang yang berkulit putih baik itu pria maupun wanita, terutama mereka yang berusia antara 30-60 tahun.

Selain itu, beberapa hal berikut juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami Rosacea seperti faktor lingkungan seperti cuaca panas dan dingin, sinar matahari, dan angin. Lalu makanan pedas, minuman beralkohol, kosmetik, obat-obat oles yang menyebabkan iritasi dan menopause.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement