Senin 27 Sep 2021 10:08 WIB

Joe Biden Sebut Pemenang Pemilu Jerman Partai Solid

Pemilu Jerman akan menentukan pengganti dari Kanselir Jerman Angela Markel

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto: AP/Patrick Semansky
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberi komentar tentang hasil pemilihan umum di Jerman. Ia menyebut bahwa siapapun yang menjadi pemenang adalah partai yang solid. 

“Mereka solid,” ujar Biden saat ditanya tentang pemilihan yang akan menentukan pengganti dari Kanselir Jerman Angela Markel, dilansir BNN Bloomberg, Senin (27/9). 

Baca Juga

Pemilihan umum di Jerman digelar pada Ahad (26/9) waktu setempat. Sejauh ini, Partai Sosial Demokrat (SPD) dilaporkan adalah di antara yang cukup unggul. 

 

Tidak seperti sebelumnya, pemilihan yang berlangsung saat ini di Jerman menjadi cukup sengit.  Salah satu faktor sengitnya pemilihan Jerman saat ini adalah karena Merkel tidak lagi menjadi kandidat kanselir, setelah 16 tahun. Selama hampir dua dekade memimpin negara itu, ia memutuskan untuk pensiun dari kancah politik. 

 

Tanpa adanya Merkel, banyak pemilih di Jerman yang nampaknya belum menentukan pilihan mereka. Selama ini, popularitasnya juga menjadi kunci Partai Kristen Demokrat/Kristen Sosial (CDU/CSU) unggul. 

 

Namun, elektabilitas CDU/CSU merosot sejak masa kampanye dimulai. Hal ini juga diperburuk dengan penampilan buruk calon kanselir dari partai tersebut, Armin Laschet, yang sebelumnya diharapkan dapat menjadi suksesor Merkel. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement