Ahad 03 Oct 2021 13:45 WIB

Erdogan Singgung Rasisme Masalah Universal

Menurut Erdogan rasisme berdampak buruk bagi semua orang asing dan migran

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut rasisme berdampak buruk bagi semua orang asing dan migran. Ilustrasi.
Foto: ap/Turkish Presidency
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut rasisme berdampak buruk bagi semua orang asing dan migran. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan rasisme budaya adalah masalah universal, Sabtu (2/10). Dia menyatakan masalah tersebut berdampak buruk bagi semua orang asing dan migran.

"Rasisme budaya adalah masalah universal yang memengaruhi tidak hanya kami dan warga negara kami, tetapi juga semua orang asing dan semua migran di Eropa," kata Erdogan di Kantor Kepresidenan Dolmabahce di Istanbul saat bertemu dengan delegasi Persatuan Demokrat Internasional (UID).

Baca Juga

Dikutip dari Anadolu Agency, Erdogan menyatakan organisasi non-pemerintah yang mengambil inisiatif dan merangkul masalah ini juga akan memperkuat kerja sama dengan komunitas Muslim dan imigran lainnya. "Dalam hal ini, saya melihat manfaat besar dalam mengintensifkan pekerjaan UID dengan menempatkan masalah ini lebih lanjut dalam agendanya," katanya,

Menurut Erdogan, xenofobia dan islamofobia akan menjadi lebih luas. Dia melihat kondisi itu dengan meningkatnya kesulitan ekonomi pada periode pasca-pandemi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَّعَلَى الثَّلٰثَةِ الَّذِيْنَ خُلِّفُوْاۗ حَتّٰٓى اِذَا ضَاقَتْ عَلَيْهِمُ الْاَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ وَضَاقَتْ عَلَيْهِمْ اَنْفُسُهُمْ وَظَنُّوْٓا اَنْ لَّا مَلْجَاَ مِنَ اللّٰهِ اِلَّآ اِلَيْهِۗ ثُمَّ تَابَ عَلَيْهِمْ لِيَتُوْبُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ ࣖ
dan terhadap tiga orang yang ditinggalkan. Hingga ketika bumi terasa sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa mereka pun telah (pula terasa) sempit bagi mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksaan) Allah, melainkan kepada-Nya saja, kemudian Allah menerima tobat mereka agar mereka tetap dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

(QS. At-Taubah ayat 118)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement