Selasa 05 Oct 2021 19:05 WIB

Laporan: Intelijen Israel Mossad Culik Jenderal Suriah

Penculikan dilaporkan untuk gali informasi tentang navigator AU Israel yang hilang,.

Rep: Kamran Dikarma/Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Mossad
Mossad

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Badan intelijen Israel, Mossad, dilaporkan telah menculik seorang jenderal Suriah. Penculikan itu dilakukan untuk menggali informasi tentang navigator Angkatan Udara Israel, Ron Arad, yang hilang.

 

Baca Juga

Kabar penculikan jenderal Suriah itu dilaporkan surat kabar Arab yang berbasis di London, Inggris, Rai al-Youm. Penculikan terjadi selama Mossad melakukan operasi bulan lalu.

Laman Jerusalem Post, mengutip laporan Rai al-Youm menyebut, jenderal Suriah itu dibawa ke sebuah negara di Afrika. Dia diinterogasi, sebelum dibebaskan. Menurut Rai al-Youm, Iran kemungkinan mengikuti operasi setelah hal itu terjadi.

Ron Arad ditangkap pada 16 Oktober 1986. Hal itu terjadi setelah sebuah bom yang dijatuhkan pesawatnya menyebabkan kerusakan pada pesawat. Kejadian tersebut memaksa dia dan pilot pesawat menyelamatkan diri.

Pilot berhasil selamat. Namun Arad ditangkap kelompok Syiah Lebanon, Amal, kemudian dipindahkan ke pasukan Iran. Sejak saat itu, Arad mengirim tiga surat dari tempat penahanannya. Dua fotonya pun sempat dirilis. Israel kehilangan jejak Arad pada 1988.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement