Senin 11 Oct 2021 21:48 WIB

Satgas Prokes PON Mimika Lakukan Screening Berkala Covid-19

Satgas melakukan screening kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Subsatgas.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Mas Alamil Huda
Satgas Prokes membagikan masker kepada warga yang mengantre untuk masuk menyaksikan pertandingan cabang olahraga futsal PON XX Papua di Gor SP 2, Kabupaten Mimika.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Satgas Prokes membagikan masker kepada warga yang mengantre untuk masuk menyaksikan pertandingan cabang olahraga futsal PON XX Papua di Gor SP 2, Kabupaten Mimika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Kabupaten Mimika melakukan screening Covid-19 kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Subsatgas Prokes Kabupaten Mimika. Hal itu dilakukan guna mengetahui apakah ada personel yang terpapar Covid-19.

Tes swab antigen dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Mimika pada Senin (11/10) di Posko Subsatgas Mimika. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika Yosias Lossu mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat kegiatan para personel yang selalu bersinggungan dengan orang banyak.

"Tes swab antigen ini perlu dilakukan karena para personel setiap harinya bertemu dengan orang banyak dan sebagai salah satu cara tracing jika salah satu personel ada yang terpapar," kata Yosias yang juga menjabat sebagai wakil ketua Subsatgas Prokes PON Mimika dalam keterangannya, Senin (11/10).

Sementara itu, Asep Supriatna sebagai Kasubsatgas Prokes PON Kabupaten Mimika menjelaskan personel yang berada di Subsatgas telah bergabung selama dua pekan sehingga perlu dilakukan swab antigen. "Untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan dan melakukan mitigasi Covid-19, karena personel sudah bertugas kurang lebih dua pekan," jelas Asep.

Selain melakukan tes usap atau swab antigen, ia memastikan telah memberikan logistik untuk perkuat imun dan kebersihan diri. "Sebelumnya personel setiap hari dibekali vitamin, hand sanitizer dan juga sarung tangan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19," ujarnya.

Test swab antigen ini akan dilakukan selama tiga hari ke depan disesuaikan dengan jadwal masuk para personel di Posko. "Hari ini total 60 orang melakukan tes dan alhamdulillah semua negatif, tes ini akan diadakan selama tiga hari ke depan dan nantinya jika ada yang reaktif akan dilakukan PCR dan ditangani oleh Dinas Kesehatan Mimika," ujar Asep.

PON Papua berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang dibagi pelaksanaannya di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Meski baru dibuka pada 2 Oktober kemarin, ada beberapa cabang olahraga yang sudah memulai jalannya kompetisi dan perebutan medali sejak pertengahan September lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement