Kamis 14 Oct 2021 12:58 WIB

Argentina Bekukan Harga Makanan Selama 90 Hari

Argentina membekukan harga makanan selama 90 hari untuk memerangi inflasi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Bendera Argentina. Argentina membekukan harga makanan selama 90 hari untuk memerangi inflasi.
Foto: AP
Bendera Argentina. Argentina membekukan harga makanan selama 90 hari untuk memerangi inflasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Pemerintah Argentina mengatakan pada Rabu (13/9) telah mencapai kesepakatan dengan pengecer untuk membekukan harga untuk 1.247 makanan dan produk rumah tangga selama 90 hari. Upaya ini dilakukan untuk memerangi inflasi saat negara itu menuju pemilihan kongres bulan depan.

"Kita perlu menghentikan putarannya agar makanan tidak terus membatasi daya beli para penerima upah," kata Menteri Perdagangan Dalam Negeri Argentina Roberto Feletti dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan program tersebut.

Baca Juga

Harga konsumen naik hampir 50 persen setiap tahun karena negara itu keluar dari resesi panjang. "Untuk sembako pada Desember 2019 sudah sembilan persen dari gaji rata-rata dan pada pengukuran terakhir 11 persen," kata Feletti.

Meskipun baik bagi konsumen, nyatanya ukuran pembekuan harga dapat menimbulkan ketidaknyamanan di antara pengecer. Mereka harus menyamakan harga yang cukup tidak stabil.

Pemerintahan Peronis dari Presiden kiri-tengah Alberto Fernandez dikalahkan dalam pemilihan pendahuluan bulan lalu. Koalisi ingin berbuat lebih baik dalam pemungutan suara 14 November.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا لَقِيْتُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَضَرْبَ الرِّقَابِۗ حَتّٰٓى اِذَآ اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا الْوَثَاقَۖ فَاِمَّا مَنًّاۢ بَعْدُ وَاِمَّا فِدَاۤءً حَتّٰى تَضَعَ الْحَرْبُ اَوْزَارَهَا ەۛ ذٰلِكَ ۛ وَلَوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَانْتَصَرَ مِنْهُمْ وَلٰكِنْ لِّيَبْلُوَا۟ بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ قُتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَلَنْ يُّضِلَّ اَعْمَالَهُمْ
Maka apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir (di medan perang), maka pukullah batang leher mereka. Selanjutnya apabila kamu telah mengalahkan mereka, tawanlah mereka, dan setelah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang selesai. Demikianlah, dan sekiranya Allah menghendaki niscaya Dia membinasakan mereka, tetapi Dia hendak menguji kamu satu sama lain. Dan orang-orang yang gugur di jalan Allah, Allah tidak menyia-nyiakan amal mereka.

(QS. Muhammad ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement