Rabu 20 Oct 2021 06:01 WIB

FDA Beri Panduan Baru Batas Konsumsi Garam

FDA membatasi asupan garam hanya 3.000 miligram sehari.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
FDA membatasi asupan garam hanya 3.000 miligram sehari.
Foto: www.freepik.com.
FDA membatasi asupan garam hanya 3.000 miligram sehari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan panduan baru bagi industri makanan untuk mengurangi garam dalam makanan yang diproses, dikemas dan disiapkan. Hal ini dilakukan demi mengurangi asupan natrium rata-rata sebesar 12 persen dari 3.400 menjadi 3.000 miligram sehari. 

Penelitian menunjukkan orang Amerika mengkonsumsi 50 persen lebih natrium dari yang direkomendasikan. Panduan ini bertujuan untuk mengurangi kadar natrium dalam 163 subkategori makanan. Target ini diharapkan tercapai selama dua setengah tahun ke depan.

Baca Juga

"Meskipun asupan rata-rata masih berada di atas batas yang direkomendasikan pedoman diet untuk orang Amerika, yaitu 2.300 mg per hari untuk mereka yang berusia 14 tahun ke atas, pengurangan sederhana yang dilakukan secara perlahan selama beberapa tahun ke depan akan secara substansial mengurangi penyakit," tulis FDA dalam pernyataan, mengutip laman Fox News, Rabu (20/10).

Direktur Pusat Keamanan Pangan dan Nutrisi Terapan, Susan T Mayne dan Penjabat Komisaris FDA, Janet Woodcock, mengatakan, badan tersebut akan secara bertahap membuat lebih banyak pengurangan konsumsi garam di masa depan. Pihaknya berharap inisiatif ini akan menjadi salah satu intervensi nutrisi kesehatan masyarakat yang paling signifikan dalam satu generasi.