Selasa 02 Nov 2021 16:07 WIB

India Targetkan Emisi Nol Bersih pada 2070

India akan memenuhi 50 persen kebutuhan energi dari energi terbarukan pada 2030

Rep: Puti Almas/ Mgrol131/ Red: Gita Amanda
Polusi udara yang melanda China dan India disebut paling mematikan di dunia (Foto: ilustrasi kepadatan kota New Delhi, India)
Foto: Flickr
Polusi udara yang melanda China dan India disebut paling mematikan di dunia (Foto: ilustrasi kepadatan kota New Delhi, India)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India menargetkan emisi nol bersih akan tercapai oleh negara itu pada 2070. Hal ini diumumkan dalam Conference of The Parties (COP26) di Ibu Kota Glasgow, Skotlandia pada Senin (1/11).

Sebagai salah satu negara penyumbang terbesar karbon utama dunia, India bersama beberapa negara besar lainnya menyampaikan harapan sekaligus target mereka dalam menjaga iklim dunia, yakni menjadi negara yang netral karbon di masa mendatang. Amerika Serikat yang merupakan penyumbang teratas emisi karbon dunia, bersama Uni Eropa, menargetkan tahun 2050 sebagai tahun emisi nol bersih karbon negaranya. Sedangkan China yang berada di urutan kedua, menargetkan emisi nol bersih karbon negaranya pada tahun 2060, dan yang terakhir ialah India yang memiliki target yang sama pada tahun 2070.

Baca Juga

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan dan menetapkan target penurunan emisi karbon pada 2070, dengan mengatakan bahwa negaranya tidak akan ditekan dengan cara apapun. Ia menyebut bahwa apa yang paling penting adalah melakukannya dengan kemauan sendiri.

“Pada tahun 2070, India akan mencapai target emisi nol bersih,” Kata Narendra Modi dikutip dari Ani News.