Selasa 02 Nov 2021 17:30 WIB

5 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Developer

Komunikasi dan kreativitas jadi dua soft skill penting untuk jadi developer sukses

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 5 Soft Skill Penting Untuk Menjadi Developer Sukses
Foto:

4. Keandalan

Selain kemampuan untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan, tapi keandalan harus ada untuk mengatur waktu, tugas, dan lain sebagainya. Dalam sebuah tim, orang-orang mengandalkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

Jika kalian bisa diandalkan, tidak ada yang perlu memeriksa progres kita. Keandalan kita membuktikan bahwa kita dapat mengambil tanggung jawab.

Para pemimpin menginginkan pengembang perangkat lunak yang tidak hanya pintar dalam programming. Tapi juga yang bisa memiliki inisiatif tanpa harus disuapi dan dapat diandalkan.

Percaya atau tidak, meskipun memiliki kemampuan, tidak sedikit juga orang yang tidak dapat diandalkan. Menjadi pengembang yang andal akan menjadikan kita sebagai orang yang tepat untuk tugas dan peluang baru.

5. Rasa ingin tahu yang tinggi

Ada beberapa orang yang tidak pernah bertanya dan merasa jika ia sudah tahu semuanya. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, juga merupakan salah satu soft skill yang harus developer perangkat lunak miliki.

Industri teknologi ini, merupakan salah satu industri yang tidak mudah mati. Programming juga kerap kali menghasilkan inovasi-inovasi baru yang mungkin saja belum kita ketahui.

Jika kita stuck maka kita tidak bisa berkembang. Untuk itu penting sekali untuk seorang developer, memiliki rasa ingin tahu atau penasaran yang tinggi. Pasar industri teknologi, selalu ada lebih banyak untuk dipelajari. 

Pengembang yang ingin tahu adalah mereka yang mempertanyakan status quo, menjelajahi teknologi baru, dan suka belajar. Mengajukan pertanyaan untuk menantang cara yang selalu dilakukan adalah cara yang bagus untuk mempercepat tim Anda maju.

Pertanyaan adalah kesempatan untuk meningkatkan diri kita, tim kita, dan produk kita. Pengembang yang ingin tahu adalah yang paling banyak mendorong perubahan.

Untuk membangun karier di dunia developer atau pengembang perangkat lunak yang sukses, kalian harus memiliki banyak soft skill. Kamu yang ingin berkarier di bidang developer dan ingin mendapatkan soft skill bisa masuk kuliah. Di dunia kuliah, kamu bisa mendapatkan soft skill yang dijelaskan diatas.

Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan IT, bisa memilih kampus dengan jurusan yang nantinya akan menunjang karier kalian di bidang developer serta yang memberi kalian soft skill tidak hanya hard skill.

Salah satu kampus yang menyediakan keduanya adalah kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan Fakultas Teknik & InformatikaTeknologi Informasi. Program studi (prodi) yang bisa kalian pilih antara lain prodi Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknologi Informasi, Teknologi Komputer dan Ilmu Komputer.

Tertarik untuk kuliah di Universitas BSI? Jika ingin daftar ke Universitas BSI tidak perlu risau. Kini Universitas BSI membuka pendaftaran online yang bisa diakses dari Android, maupun website.

 

Universitas BSI sudah membuka pendaftaran untuk periode Maret 2022,  sejak 1 Oktober 2021 hingga 01 Desember 2021. Untuk kamu pengguna android bisa menggunakan aplikasi PMB UBSI di PlayStore, atau bisa melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Wahai Nabi! Apabila perempuan-perempuan yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai‘at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement