Rabu 03 Nov 2021 06:02 WIB

4 Aspek Kesetaraan Gender dalam Tafsir Bahasa Sunda

Kesetaraan gender juga tak luput dalam tafsir-tafsir berbahasa Sunda

Red: Nashih Nashrullah
Kesetaraan gender juga tak luput dalam tafsir-tafsir berbahasa Sunda. Ilustrasi kitab tafsir
Foto:

Oleh : Prof Syihabuddin Qalyubi, guru besar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Konteks sosial seperti itu mendorong Ahmad Lutfi untuk meneliti bagaimana pandangan para mufassir Sunda dalam memahami ayat Alquran terutama yang ada kaitannya dengan relasi gender.

Ia memfokuskan kajiannya pada Tafsir Quran Bahasa Sunda berjudul Ayat-Ayat Suci Lenyepaneun, karya Moh E Hasim (1916-2009). Ia terlahir bertepatan dengan tanggal 15 Agustus 1916 dari orang tua yang berprofesi petani kelapa di sebuah kampung yang bernama Bangbayang Kidul Desa Cieurih, termasuk dalam wilayah Kecamatan Cipaku, Kawali Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Hasim dikenal sebagai guru agama dan penulis kitab tafsir. Beberapa bahasa yang dikuasai oleh Hasim dianataranya adalah bahasa Arab, Inggris, Jepang, dan Belanda. 

Dalam tafsir Ayat Suci Lenyepaneun, Moh E Hasim memakai gaya bahasa penulisan popular. Hal ini secara eksplisit diakuinya sendiri. Sebagaimana yang bisa dibaca dalam sampul bagian belakang karya tafsirnya, ia menyatakan: 

“...Nganggo basa lancaran sareng kecap-kecap kasedep urang Sunda nu kasengsrem ku basa warisan ti nini-akina. Malahmandar gampil kahartosna, gampil nyerep kana lelembutan dugi ka saucap satingkah saparipolah...” 

(...Menggunakan bahasa ringan dengan ungkapan- ungkapan yang disukai oleh orang Sunda sebagai bahasa warisan leluhur. Agar mudah dipahami, mudah menyerap ke dalam hati sehingga mewujud dalam tutur kata dan perilakunya..) 

Sebagaimana ketika  Hasim menafsirkan ayat-ayat Alquran, antara lain dalam menafsirkan ayat QS Al A’raf ayat 54 pada kalimat śumma as-tawâ ‘alâ al-‘arsy Hasim menguraikan:

“Pancaniti teh tempat nguruskeun pamarentahan di karaton. Lamun raja linggih di pancaniti hartina raja keur mere parentah atawa pituduh ka para ponggawa, kitu nurutkeun ma’na majazi. ‘Arasy teh lain mahluk hissiyah nu aya bungkeuleukanana lir planit atawa satelit, ku sabab eta Allah lenggah di ‘arasy ulah dihartikeun sacara hissiyah tapi kudu sacara ma’nawiyah nya eta Allah ngaluarkeun timbalan ka sakumna mahluk Mantenna nu aya di sakabeh karajaan langit, diantarana nu aya di karajaan marcapada.”

(Singgasana merupakan tempat mengurus pemerintahan di keraton. Jika raja duduk di singgasana artinya raja tinggal memberi perintah atau petunjuk kepada para puggawa, yang seperti itu mengikuti ma’na majazi. ‘Arasy itu bukan makhluk hissiyyah yang terlihat wujudnya seperti planet atau satelit, oleh sebab itu Allah duduk di ‘arsy jangan diartikan secara hissiyyah tapi harus secara ma’nawiyah yaitu Allah memberikan perintah kepada seluruh makhluk-Nya yang ada di seantero kerajaan langit, dan yang ada di kerajaan bumi).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement