Rabu 03 Nov 2021 06:02 WIB

4 Aspek Kesetaraan Gender dalam Tafsir Bahasa Sunda

Kesetaraan gender juga tak luput dalam tafsir-tafsir berbahasa Sunda

Red: Nashih Nashrullah
Kesetaraan gender juga tak luput dalam tafsir-tafsir berbahasa Sunda. Ilustrasi kitab tafsir
Foto:

Oleh : Prof Syihabuddin Qalyubi, guru besar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Untuk meneliti kesetaraan gender dalam Ayat Suci Lenyepaneun, peneliti antara lain menggunakan analisis kesetaraan gender (Inayah Rohmaniyah), wacana gender (Sara Mills).

Adapun  Bentuk keadilan dan kesetaraan gender itu bisa dilihat dari bebrapa aspek yaitu pertama, akses, yakni kemampuan dalam mendayagunakan sumberdaya untuk seutuhnya berperan aktif dan produktif (secara ekonomi, sosial dan politik) dalam masyarakat dan mendapatkan keleluasaan akses ke sumberdaya, tenaga kerja, jenis pekerjaan, pelayanan, informasi dan manfaat.

Kedua, partisipasi, dimaknai sebagai suami bersama istri berperan yang setara dalam aktivitas pengambilan keputusan untuk memanfaatkan sumberdaya keluarga secara demokratis bahkan jika diperlukan dengan mengikutsertakan anak-anak baik perempuan ataupun laki-laki. 

Ketiga, kontrol, dimaknai sebagai perempuan dan laki-laki memiliki kontrol yang setaraf dalam hal pemanfaatan sumberdaya keluarga. Suami beserta istri bisa mempunyai properti atas nama keluarga.

Keempat, manfaat, yaitu bahwa segala bentuk aktivitas keluarga wajib memiliki manfaat yang sepadan bagi seluruh anggota keluarga.

Konstruksi teori yang dikemukakan di atas peneliti gunakan untuk menganalisis wacana kesetaraan gender yang ditampilkan Moh E Hasim dalam kitabnya Ayat Suci Lenyepaneun, khususnya pembahasan yang meliputi yaitu (1) asal muasal penciptaan perempuan; (2) kepemimpinan dalam rumah tangga, (3) nusyûz dan kekerasan dalam rumah tangga, (4) nilai kesaksian perempuan, (5) hak mendapat harta warisan; (6) poligini, dan (7) kekerasan seksual. Kepada para pembaca yang berminat menelusurinya lebih lanjut, silahkan untuk membacanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement