Ahad 14 Nov 2021 18:04 WIB

BMKG Prediksi Hujan Intensitas Sedang Hingga Desember

Sejumlah daerah yang bakal dihantam hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Rep: Rizkiyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca hujan dengan intensitas sedang bakal terus terjadi hingga Desember mendatang. Ilustrasi
Foto: republika
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca hujan dengan intensitas sedang bakal terus terjadi hingga Desember mendatang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca hujan dengan intensitas sedang bakal terus terjadi hingga Desember mendatang. BMKG memperkirakan kondisi tersebut akan terjadi mulai pekan kedua November hingga pekan pertama Desember nanti.

"Pada November II-Desember I 2021 umumnya diprakirakan curah hujan berada di kriteria rendah hingga menengah (0 -150 mm/dasarian)," kata Kepala Bidang Diseminasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko di Jakarta, Ahad (14/11).

Baca Juga

Namun, BMKG memprediksi akan ada sejumlah daerah yang diperkirakan bakal mengalami hujan dengan kategori tinggi atau di atas 150 mm/dasarian pada November ini. Hary mengatakan, wilayah itu meliputi Jawa Tengah bagian utara, dan Jawa Timur bagian utara.

Kemudian, Kalimantan Timur bagian tengah, Sulawesi Selatan bagian utara, Papua Barat bagian timur, dan Papua bagian tengah. Sedangkan, dia melanjutkan, cuaca tersebut akan berlanjut ke Papua bagian tengah pada November pekan ketiga hingga Desember pekan pertama. 

Selama dua hari ke depan, BMKG juga memperkirakan sejumlah daerah yang bakal dihantam hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Wilayah itu yakni kepulauan Riau, Bengkulu Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan pulau Jawa termasuk Jakarta.

Begitu juga dengan Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan Sulawesi, Gorontalo Maluku hingga Papua. Sedangkan hujan dengan petir diperkirakan terjadi di Aceh, Riau, Sulawesi Selatan dan Papua Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement