Kamis 18 Nov 2021 12:30 WIB

Empat Indikasi Kuat Messi akan Raih Ballon d'Or Lagi

Pesaing terdekat Lionel Messi kali ini hanya Lewandowski dan Jorginho.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Selebrasi bintang Paris Saint-Germain dan timnas Argentina, Lionel Messi.
Foto:

1. Keberhasilan meraih Copa America

Messi kerap menjadi sasaran kritik tiap kali Argentina gagal tampil maksimal di turnamen internasional. Messi dinilai lebih mengutamakan performa maksimal di level klub ketimbang berusaha keras membawa Albiceleste merai trofi. Namun, kritik itu dibungkam Messi dengan raihan trofi Copa America 2021.

Tidak hanya itu, Messi juga menorehkan catatan impresif di edisi ke-47 turnamen paling bergengsi antara negara di kawasan Amerika Selatan tersebut. La Pulga mengakhiri Copa America 2021 sebagai pencetak gol terbanyak dengan koleksi empat gol, penyedia assist terbanyak dengan lima assist, dan menjadi pemain terbaik.

photo
Dalam arsip foto Sabtu, 10 Juli 2021 ini, Lionel Messi dari Argentina memegang trofi saat ia merayakan dengan tim setelah mengalahkan 1-0 Brasil dalam final Copa America di Stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil. - (AP/Andre Penner)

Messi terbukti menjadi pemain kunci Argentina dalam merengkuh titel Copa America 2021. Raihan Copa America 2021 jelas menjadi prestasi terbesar Messi sejak melakoni debut buat timnas Argentina pada 2005. Pengakuan terhadap kontribusi Messi ini pun diakui oleh salah satu pesaing terberatnya di Ballon d'Or 2021, Robert Lewandowski.

''Setelah apa yang diperlihatkan Messi di Copa America, rasanya akan sangat sulit buat saya untuk bisa mendapatkan Ballon d'Or. Namun, saya tidak akan keberatan kalah dari salah satu pemain terbaik di sepanjang sejarah sepak bola,'' kata Lewandowski.

2. Jumlah torehan gol bukan jaminan raih Ballon d'Or

Lewandowksi tampil begitu tajam dalam tiga musim terakhir. Total, striker Bayern Muenchen itu mencetak 103 gol. Pada musim lalu, Lewandowski mencetak 48 gol dari 40 laga.

Gelar sepatu emas Eropa musim lalu pun berhasil disabet oleh penyerang asal Polandia tersebut. Dibanding Messi, koleksi gol Lewandowski jauh lebih banyak.

Kondisi ini membuat Lewandowski menjadi salah satu kandidat terkuat peraih Ballon d'Or 2021. Namun, Editor Kepala France Football, Pascal Ferre, menegaskan, koleksi gol bukan semata-mata faktor utama untuk bisa menggondol Ballon d'Or.

''Ballon d'Or bukanlah penghargaan untuk pencetak gol terbanyak ataupun pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam satu tahun. Saya rasa, Ballon d'Or adalah perpaduan dari dua aspek itu,'' kata Ferre.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement