Ahad 19 Dec 2021 16:11 WIB

Kebiasaan Sehat Ini Bisa Bantu Perpanjang Umur

Banyak penelitian menemukan sekaligus menganjurkan kiat positif untuk hidup sehat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan sehat yang bisa membantu memperpanjang usia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kebiasaan sehat yang bisa membantu memperpanjang usia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mengharapkan umur panjang. Telah umum diketahui bahwa untuk tetap menikmati usia panjang dengan sehat, dibutuhkan juga pola hidup yang tepat.

Ada banyak penelitian yang menemukan sekaligus menganjurkan kiat positif untuk hidup sehat. Namun salah satu yang paling menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah studi yang diterbitkan di BMJ.

Baca Juga

Studi ini menemukan lima kebiasaan sehat, antara lain makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan sehat, tidak minum alkohol, dan tidak merokok. Pada usia paruh baya, kebiasaan sehat dapat meningkatkan kualitas hidup bebas dari diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hingga kanker.

Studi yang dipimpin oleh Harvard TH Chan School of Public Health sekaligus tindak lanjut dari studi tahun 2018, juga menemukan bahwa mengikuti kebiasaan ini meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan. Studi ini memberikan bukti kuat bahwa mengikuti gaya hidup sehat secara substansial dapat memperpanjang tahun seseorang hidup bebas penyakit.