Senin 20 Dec 2021 18:48 WIB

Akhir Tahun, Semua Kelurahan Kota Sukabumi Masuk Zona Hijau Risiko Covid-19

Suatu wilayah dinyatakan zona hijau bila dalam sepekan tidak ada kasus atau kematian

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Kota Sukabumi berupaya mendorong usaha kesehatan sekolah (UKS) untuk menjaga protokol kesehatan dalam proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. (ilustrasi)
Foto: istimewa
Kota Sukabumi berupaya mendorong usaha kesehatan sekolah (UKS) untuk menjaga protokol kesehatan dalam proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 33 kelurahan di Kota Sukabumi masuk ke dalam zona hijau atau tidak ada kasus Covid-19. Sebab dalam sepekan terakhir tidak ada kasus baru di puluhan kelurahan tersebut.

'' Pada kurun waktu 13-19 Desember 2021, semua kelurahan di kota yakni 33 kelurahan masuk zona hijau Covid-19,'' kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, Senin (20/12). Di mana menunjukkan dalam sepekan terakhir semua kelurahan di Kota Sukabumi tersebut tidak ditemukan kasus baru Covid-19.

Baca Juga

Suatu wilayah dinyatakan zona hijau kata Lulis, karena dalam sepekan tidak ada kasus dan kematian akibat Covid-19. Penentuan zonasi ini dilakukan setiap pekan.

Di mana ungkap Lulis, data terbaru itu akan terus diperbaharui pada pekan berikutnya. Meskipun tidak ada kasus baru dalam sepekan, namun warga tetap harus mewaspadai peningkatan kasus dengan menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker.

Di sisi lain, berdasarkan data Dinkes pada Senin ini dilaporkan tidak ada kasus baru Covid-19. Total kasus Covid-19 sejak 1 Januari hingga 20 Desember 2021 sebanyak 7.372 orang.

Di mana dari jumlah tersebut sebanyak 7.146 orang sembuh, satu orang masih isolasi dan 225 orang atau 3 persen meninggal dunia. Ke depan diharapkan semua wilayah bisa tetap berada di zona hijau dengan tetap mengimbau warga menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, meskipun kasus Covid-19 di Kota Sukabumi turun dan kelurahan semuanya zona hijau harus tetap disikapi dengan menekankan penerapan protokol kesehatan. '' Kasus Covid-19 turun, namun warga harus tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan,'' kata dia.

Hal ini ungkap Fahmi diperlukan untuk mencegah potensi naiknya kasus Covid-19 kembali khususnya menghadapi momen liburan natal dan tahun baru (Nataru). Jika warga abai dengan prokes, maka dikhawatirkan kasus akan naik lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement