Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

2 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Berapa Usia Aisyah Kala Menikah dengan Nabi?

Kamis 23 Dec 2021 01:55 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Kisah Fitnah Terhadap Aisyah Istri Nabi (Ilustrasi)

Kisah Fitnah Terhadap Aisyah Istri Nabi (Ilustrasi)

Foto: dok wikipedia
Hadis yang menyebut Aisyah menikah saat berusia enam tahun patut dikritisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah seorang istri Nabi Muhammad SAW ialah 'Aisyah. Acap kali, pernikahan keduanya keliru dipahami. Kesalahpahaman itu bahkan menjadi pembenaran untuk melakukan praktik pernikahan anak. 

Rujukan justifikasi itu sering kali ialah hadis yang diriwayatkan Hisyam bin Urwah, yakni "Dari' Aisyah bahwa Nabi SAW menikahinya ketika berumur enam tahun dan memulai hidup bersama ketika usianya sembilan tahun." 

Baca Juga

Menurut Ketua PP 'Aisyiyah Siti' Aisyah dalam artikelnya, "Usia Pernikahan Dalam Keluarga Sakinah", riwayat tersebut seyogianya diselidiki secara historis dan sosiologis. Pertama-tama, hadis di atas hanya berasal dari riwayat Hisyam bin Urwah. Sehingga, Hisyam sendirilah yang menceritakan usia 'Aisyah saat dinikahi Rasulullah SAW. 

"Hisyam pun baru meriwayatkan hadis ini pada saat di Irak ketika usianya memasuki 71 tahun," terang tokoh organisasi' Aisyiyah itu dalam artikelnya yang dilansir Republika hari ini. 

Tentang Hisyam, Ya'qub bin Syaibah pernah berkata. Menurut sang ulama yang menjadi rujukan dua ahli hadis kenamaan, Imam Bukhari dan Imam Muslim, Hisyam memang patut dikritik. 

Ya'qub menekankan, "apa-apa yang dituturkan Hisyam sangat tepercaya kecuali yang diceritakannya saat ia menetap di Irak." Ibnu Syaibah menambahkan, Anas bin Malik menolak penuturan Hisyam yang dilaporkan kepada penduduk Irak. Tatkala usia Hisyam sudah lanjut, ingatannya sangat menurun. 

"Dengan demikian, riwayat yang menyebutkan usia pernikahan 'Aisyah yang bersumber dari Hisyam bin Urwah patut dikritisi pula," katanya. 

Lantas, secara telaah historis, berapa sebenarnya usia' Aisyah tatkala mulai menjadi istri Rasul SAW? 

Ath-Thabrani menerangkan, Abu Bakar memiliki empat orang anak yang lahir pada masa jahiliyah. Dua orang di antaranya ialah 'Aisyah dan kakak perempuan sang ummul mukminin, yang bernama Asma binti Abu Bakar. 

Menurut Abdurrahman bin Abi Zina, Asma 10 tahun lebih tua daripada' Aisyah. Adapun menurut Ibnu Hajar al-Asqalani, Asma hidup hingga berusia 100 tahun dan wafat pada tahun 73 atau 74 Hijriah. 

"Ini berarti, saat peristiwa hijrah terjadi, usia Asma sekitar 27 tahun atau 28 tahun. Dengan demikian, usia 'Aisyah saat pertama kali satu rumah dengan Nabi SAW adalah antara 17 tahun atau 18 tahun," ucap tokoh ormas' Aisyiyah ini. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile