REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi Syariah, Yusuf Wibisono, menilai bahwa brand awareness lembaga zakat semakin baik. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian lembaga zakat di tahun 2022.
Yusuf mengatakan, salah satu hal yang paling penting diperhatikan adalah program-program lembaga zakat semakin tepat sasaran. Lembaga zakat harus benar-benar bisa menunjukkan bahwa mereka mampu mengidentifikasi, membantu dan mendistribusikan dana zakat kepada orang yang paling membutuhkan.
"Jadi (dana zakat salurkan ke) orang-orang yang paling miskin dari yang miskin, karena lembaga-lembaga zakat ini harus bisa menunjukkan bahwa mereka lebih baik dari program-program katakanlah program yang dijalankan oleh pemerintah," kata Yusuf kepada Republika, Kamis (23/12).
Ia menyampaikan, di daerah perkotaan banyak gelandangan di pinggir jalan, PKL di lampu merah, anak-anak jalanan, manusia silver dan lain sebagainya masih banyak terlihat. Maka kedepannya lembaga zakat harus lebih memperhatikan mereka.