Kamis 30 Dec 2021 05:25 WIB

Para Wanita dalam Keluarga Nabi Muhammad SAW

Bagi keluarganya, Nabi Muhammad SAW adalah suami dan ayah untuk anak-anaknya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Para Wanita dalam Keluarga Nabi Muhammad SAW
Foto:

Sepeninggal khadijah, Nabi Muhammad menikah lagi. Memiliki banyak istri saat itu merupakan budaya Arab, entah karena alasan politik atau di luar tugas dan tanggung jawab.

Beberapa istri Nabi Muhammad adalah janda yang suaminya meninggal akibat perang. Sebagian lainnya merupakan budak yang dibebaskan.

Keputusan Nabi Muhammad untuk menikahi mereka adalah membebaskan banyak orang dari perbudakan. Kehidupan para wanita ini jauh lebih baik setelah masuk Islam dan menjadi bagian dari kehidupan keluarga Nabi SAW.

Sawdah binti Zam'ah: Sawdah adalah seorang janda berumur 55 tahun ketika dia menikahi Nabi Muhammad. Ada beberapa perdebatan mengenai apakah dia atau Aisyah adalah istri kedua Muhammad, tetapi pernikahan itu tampaknya merupakan tindakan yang bertujuan menyelamatkan Sawdah dari kehidupan yang sulit. Menurut beberapa pendapat, pernikahan itu ramah dan bukan romantis.

Aishah binti Abu Bakar: Dikenal karena semangat dan kecerdasannya. Ia menjadi guru dan narator hadist Nabi Muhammad. Aishah adalah putri Abu Bakar dan teman dekat Nabi SAW. Dia menikahi Nabi Muhammad pada usia yang sangat muda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement