Sabtu 01 Jan 2022 17:12 WIB

Piala AFF 2020: Chanathip Songkrasin, Si Messi-nya Thailand

Shin Tae-yong menyebut Chanathip Songkrasin yang perlu diwaspadai di Final Piala AFF.

Rep: Reja Irfa Widodo/Israr Itah/ Red: Didi Purwadi
 Chanathip Songkrasin dari Thailand melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama pada pertandingan leg pertama final AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Thailand di Singapura, Rabu, 29 Desember 2021.
Foto:

Berposisi asli sebagai gelandang serang, Chanathip lebih banyak beroperasi di belakang lini serang. Namun, untuk urusan insting dan mencium peluang untuk bisa mencetak gol, pemain berusia 28 tahun itu memiliki kemampuan mumpuni.

Chanathip kerap berlari dari lini kedua untuk memanfaatkan umpan tarik dari sisi-sisi lapangan. Pergerakan pemain yang merumput di Liga Jepang itu kerap tidak terdeteksi barisan pertahanan lawan.

Skema ini pula yang tergambar di gol pertama Thailand ke gawang Indonesia, yang dicetak Chanathip saat laga baru memasuki menit kedua. Menerima sodoran umpan Phillip Roller, yang merangsek dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Chanathip melepaskan tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Skema serupa juga terjadi saat Chanathip menggandakan keunggulan Thailand pada menit ke-52. Kali ini, serangan balik yang dipimpin Supachok Sarachart diselesaikan Chanathip. Berlari dari lini tengah, Chanathip melepaskan sepakan kaki kanan terarah dari dalam kotak penalti. Bola pun bersarang mulus ke pojok bawah gawang Indonesia, yang dikawal Nageo Argawinata.

Setelah mencetak dua gol krusial...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement