Kamis 06 Jan 2022 05:48 WIB

Jenderal Andika Tunjuk Mayjen Untung Budiharto Jadi Pangdam Jaya

Pangdam Jaya yang lama Mayjen Mulyo Aji promosi menjadi Sekretaris Kemenko Polhukam.

Red: Erik Purnama Putra
Mayjen Untung Budiharto ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangdam Jaya menggantikan Mayjen Mulyo Aji.
Foto: Dok Dispenad
Mayjen Untung Budiharto ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangdam Jaya menggantikan Mayjen Mulyo Aji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayor Jenderal (Mayjen( Untung Budiharto sebagai panglima Kodam (Pangdam) Jaya. Dalam salinan yang didapat Republika pada Kamis (6/1), Untung menggantikan Mayjen Mulyo Aji yang dipromosikan sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Seskemenko Polhukam). Dengan jabatan barunya tersebut, Mulyo akan menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen).

"Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/5/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia," demikian salinan keputusan Andika soal pergantian Pangdam Jaya yang diteken Kepala Setum TNI Brigjen Edy Rochmatullah ditetapkan di Jakarta pada 4 Januari 2022.

Baca Juga

Keputusan yang diambil Andika tersebut juga merujuk Keputusan Presiden RI Nomor 3/TPA Tahun 2022 tanggal 3 Januari tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemenko Polhukam.

Salinan keputusan tersebut ditembuskan kepada Menko Polhukam Mahfud MD, para kepala staf angkatan, kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Irjen TNI, kepala Bais TNI, Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara, hingga Komandan Denma TNI.

Sebelum menjabat Pangdam Jaya, Untung berstatus sebagai Staf Khusus Panglima TNI pada 2021. Saat masih bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen), abiturien Akademi Militer (Akmil) 1988 ini menyandang banyak jabatan, di antaranya Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme pada 2020-2021, Direktur Operasi dan Latihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada 2020, Kepala Staf (Kasdam) I/Bukit Barisan pada 2019-2020, dan Wakil Asisten Operasi KSAD pada 2017-2019.

Adapun Mulyo pernah menjabat Asisten Personel KSAD pada 2020-2021, kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat pada 2018-2020, serta Komandan Korem 074/Warastratama pada 2012-2014 yang bermarkas di Kota Solo. Mulyo merupakan alumnus Akmil 1987.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement