Jumat 07 Jan 2022 17:37 WIB

Dianggap Berjasa, Leonardo DiCaprio Jadi Inspirasi Nama Spesies Pohon Baru

Spesies pohon baru di Kamerun diberi nama Uvariopsis dicaprio.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Leonardo DiCaprio. Nama belakang pemeran Titanic ini diabadikan sebagai nama spesies pohon baru di Kamerun.
Foto:

Para konservasionis dan peneliti sama-sama terkejut ketika sebagian besar hutan Ebo, salah satu hutan hujan terbesar di Kamerun, Afrika, akan ditebang. Pada 2020, DiCaprio berkampanye untuk melindungi hutan tersebut.

Hutan Ebo merupakan rumah bagi masyarakat Banen, juga beragam populasi tumbuhan dan hewan. DiCaprio mem-posting seruan di media sosial, mencantumkan tautan ke petisi yang menolak penebangan hutan hujan tersebut.

Upaya DiCaprio membantu para ahli internasional menulis surat kepada Pemerintah Kamerun untuk membatalkan rencana penebangan hutan. Ada banyak spesies hewan dan tumbuhan yang terancam punah hidup di hutan Ebo.

Belakangan, pemerintah Kamerun telah mencabut rencana penebangan hutan. Meskipun begitu, hingga kini kawasan hutan Ebo belum ditetapkan sebagai taman nasional, dikutip dari laman New York Post, Jumat (7/1/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنٰتِ وَاَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتٰبَ وَالْمِيْزَانَ لِيَقُوْمَ النَّاسُ بِالْقِسْطِۚ وَاَنْزَلْنَا الْحَدِيْدَ فِيْهِ بَأْسٌ شَدِيْدٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗ وَرُسُلَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ ࣖ
Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa.

(QS. Al-Hadid ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement