Senin 10 Jan 2022 13:54 WIB

Bandara Kertajati Bakal Jadi Pusat Logistik 

BIJB telah memiliki rencana untuk membangun kawasan kargo e-commerce hub.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Personel Polri melakukan pengamanan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (1/3). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) berencana akan mengembangkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati pada tahun ini agar bisa menjadi pusat logistik.
Foto:

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah menegaskan terkait akan dijadikannya Bandara Kertajati sebagai pusat kegiatan logistik. Bandara ini juga akan menjadi lokasi pemeliharaan pesawat hingga menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh. 

“Kita harus gencar mensosialisasikan barang-barang apa saja yang bisa dikirim lewat BIJB dan juga keunggulan biaya yang lebih efisien,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (9/1/2022). 

Budi mendorong pengelola BIJB untuk berkomunikasi dengan para perusahaan kargo internasional. Misalnya, lanjut dia, dari Dubai, Hongkong, dan negara lainnya agar pergerakan angkutan kargo terus meningkat. 

“Perlu dilakukan presentasi ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk memperkenalkan BIJB kepada calon investor yang memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya mampu didarati pesawat wide body. Kita juga perlu memetakan potensi investasi di sekitar bandara ini,” jelas Budi.

Terkait optimalisasi pemanfaatan fasilitas pemeliharaan pesawat (MRO), Budi mengajak pengelola BIJB untuk berkomunikasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya. Budi menekankan, BIJB dapat digunakan untuk pemeliharaan pesawat pemerintah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement