Ahad 30 Jan 2022 15:05 WIB

Dosen Universitas BSI Tasikmalaya Beri Pelatihan Microsoft Excel dan Power Point

Pelatihan berlangsung 22-23 Januari 2022 secara daring

Red: Hiru Muhammad
Pelatihan Microsoft excel dan power point  dosen Universitas BSI Kampus Tasikmalaya tersebut diselenggarakan pada 22 – 23 Januari 2022 secara daring melalui Zoom.
Foto: istimewa
Pelatihan Microsoft excel dan power point dosen Universitas BSI Kampus Tasikmalaya tersebut diselenggarakan pada 22 – 23 Januari 2022 secara daring melalui Zoom.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Microsoft office merupakan sebuah aplikasi yang sangat sering digunakan oleh masyarakat, terlebih bagi para pelajar, pekerja kantoran, dan termasuk para guru.

Pelatihan Microsoft excel dan power point  dosen Universitas BSI Kampus Tasikmalaya tersebut diselenggarakan pada 22 – 23 Januari 2022 secara daring melalui Zoom.

Baca Juga

Dosen yang berkecimpung di bidang informatika dengan prodi Sistem Informasi berbagi ilmu mengenai microsoft excel dan power point kepada guru di SDN 1 Beber Ciamis serta guru-guru di sekitaran sekolah SDN 1 Beber Ciamis.

Pelatihan ini diisi langsung oleh dosen Universitas BSI kampus Tasikmalaya Bambang Kelana Simpony yang tentunya sudah menguasai microsoft office, khususnya excel dan power point yang menjadi materi pada pelatihan kali ini.

“Microsoft office yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari terdiri dari microsoft word yang digunakan untuk pengolahan kata atau membuat sebuah dokumen, excel yang digunakan untuk pengolahan angka ataupun rekap data, serta power point yang digunakan untuk membuat sebuah file persentasi,” ujar Bambang, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (30/1/2022).

Ia mengatakan, Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. “Excel ini berupa lembaran kerja atau spreadsheet yang mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik dalam membantu semua untuk kebutuhan pekerjaan,” katanya.

Sedangkan, power point adalah salah satu aplikasi dari microsoft yang diperuntukkan sebagai media presentasi. Pada dasarnya banyak media presentasi saat ini yang dikembangkan oleh vendor-vendor lain. 

“Fungsi power point ini sebagai sarana dalam mempermudah melakukan sebuah presentasi, membuat materi presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat gawai, dan memudahkan pembuatan presentasi dalam bentuk slide yang menari,” paparnya.

Hilman Ridwan selaku kepala SDN 1 Beber Ciamis mengucapkan terima kasih kepada para dosen dari Universitas BSI kampus Tasikmalaya yang telah berkenan bekerja sama dengan SDN 1 Beber Ciamis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para dosen Universitas BSI kampus Tasikmalaya yang telah berkenan bekerja sama dengan SDN 1 Beber Ciamis dalam memberikan pelatihan terhadap guru-guru kami,” ujar Hilam, Ahad (23/1).

Lanjutnya, karena mau tidak mau tenaga pengajar di sini harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, sehingga dengan adanya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru di sekolah. “Saya berharap kerja sama ini dapat berkelanjutan, tidak hanya pada pelatihan ini saja. Namun, kedepannya dapat juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan lainnya bagi guru-guru kami” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement