Selasa 08 Feb 2022 12:52 WIB

Besarnya Dampak Nord Stream 2 pada Krisis Ukraina-Rusia

Proyek Nord Stream 2 dinilai akan melancarkan pasokan gas ke negara-negara Eropa

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Proyek pipa gas Rusia-Jerman, Nord Stream.
Foto:

Setelah Rusia menumpuk hampir 100 ribu pasukannya di sepanjang perbatasan Ukraina yang membuat AS dan Barat khawatir pada potensi invasi, AS kemudian kembali ke proyek itu. Bila Rusia menyerang Ukraina ada kemungkinan Washington kembali menerapkan sanksi Nord Stream 2 yang kemudian diperberat.

Moskow mengaku tidak berencana menggelar invasi tapi akan mengambil tindakan militer bila tuntutan keamanannya tidak terpenuhi. Mereka tidak menyebutkan tindakan militer apa yang akan diambil.

Rusia meminta NATO untuk tidak pernah mengizinkan Ukraina bergabung. Washington dan NATO mengatakan permintaan Rusia tidak dapat diterima.

Washington yakin Rusia mungkin akan mengambil pilihan lain dibanding invasi skala penuh, termasuk serangan terbatas. Pada Ahad (6/2/2022) sumber dari pemerintah AS mengatakan Washington yakin  Putin belum mengambil keputusan akhir.

Menurut sumber-sumber itu Putin mengerahkan pasukannya agar bisa mengeksekusi semua skenario. Para pejabat AS itu menambahkan bila Rusia menginvasi Ibukota Kiev, maka Ukraina dapat jatuh dalam beberapa hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement