Selasa 08 Feb 2022 13:39 WIB

Jeff Bezos Tertarik Meneliti Penuaan Manusia

Jeff Bezos merekrut peusahaan anti-penuaan AS untuk meneliti penuaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Jeff Bezos merekrut peusahaan anti-penuaan AS untuk meneliti penuaan.
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Jeff Bezos merekrut peusahaan anti-penuaan AS untuk meneliti penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik Amazon Jeff Bezos tertarik untuk meneliti penuaan manusia. Dia baru saja merekrut Hal Barron dari GlaxoSmithKline untuk membantu memimpin Altos Labs, yaitu perusahaan anti-penuaan baru yang ambisius dengan investasi miliaran dolar AS.

Dilansir dari laman bigthink, Selasa (8/2/2022), penuaan bukan hanya perubahan dalam perasaan atau penampilan, tetapi penuaan terjadi pada tingkat sel. Sel-sel kulit dewasa membelah kira-kira 50 kali sebelum berhenti. Namun, sel-sel kulit dari bayi yang baru lahir dapat membelah 80 atau 90 kali. Di sisi lain, sel-sel dari seseorang yang lebih tua hanya membelah sekitar 20 kali.

Baca Juga

Penuaan juga terlihat pada gen. Materi genetik dimodifikasi dari waktu ke waktu, bahan kimia dapat dilampirkan yang mengubah gen mana yang diaktifkan atau dinonaktifkan. 

Ini disebut perubahan epigenetik, dan meningkat seiring bertambahnya usia. Jenis perubahan lain terjadi di ujung DNA sel. Segmen DNA berulang yang disebut telomer bertindak seperti ujung plastik tali sepatu, mencegah gulungan bahan genetik yang terpilin agar tidak berjumbai di ujungnya atau saling mengikat.