Rabu 09 Feb 2022 20:08 WIB

Ejekan Nasionalis Hindu ke Siswi Berjilbab di India Picu Kecaman

Kecaman muncul atas aksi ejekan nasionalis Hindu ke siswi berjilbab.

Rep: Lintar Satria/ Red: Muhammad Hafil
Ejekan Nasionalis Hindu ke Siswi Berjilbab di India Picu Kecaman. Foto: Serombongan siswa perempuan India berjalan menuju sekolah mereka di Udupi, India, Senin (7/2/2022). Pelajar India yang menggunakan jilbab dilarang memasuki ruang kelas mereka.
Foto:

Dalam beberapa hari belakangan ketegangan semakin memanas di Udupi dan di wilayah lain di Karnataka yang mayoritas penduduknya Hindu. Para siswa memakai selendang warna kuning kunyit yang biasanya dipakai kelompok sayap kanan Hindu. Sebagai bentuk dukungan pada larangan hijab.

Seorang siswa bernama Amrut berdiri di dekat kerumunan anak-anak laki-laki Hindu yang memakai kain itu. Ia mengatakan ketegangan ini berdampak padanya dengan tidak adil karena ia tidak bisa datang ke kelas.

"Kami meminta mereka tidak memakai hijab, tapi hari ini mereka memakai hijab, mereka tidak mengizinkan kami masuk," katanya.

Tokoh pendidikan anak perempuan Malala Yousafzai mengatakan larangan hijab ini mengerikan.

“Objektifikasi wanita terus terjadi, memakai pakaian lebih atau kurang, pemimpin India harus berhenti memarjinalisasi perempuan muslim," kata Yousafzai di Twitter.

Kritikus mengatakan terpilihnya Modi 2014 membuat supremasi Hindu semakin berani. Mereka kelompok yang melihat India sebagai negara Hindu dan ingin merusak pondasi sekuler negara itu dengan menekan 200 juta penduduk muslimnya.

Partai oposisi dan kritikus mengatakan pemerintah BJP di federal maupun negara bagian telah mendiskriminasi kelompok minoritas dan beresiko mendorong memicu kekerasan. Modi membela diri dengan mengatakan kebijakan ekonomi dan sosialnya bermanfaat bagi semua orang India.

Seorang mahasiswi mengajukan gugatan pada kebijakan larangan Hijab. Dalam petisinya ia mengatakan hijab merupakan hak fundamental dalam kebebasan beragama yang dijamin konstitusi India. Sidangnya akan digelar di Pengadilan Tinggi Karnataka di Bengaluru

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement