Senin 07 Mar 2022 16:00 WIB

Insiden Film Rust, Alec Baldwin Tegaskan Dirinya tak Bersalah, tidak Tarik Pelatuk

Pistol properti Alec Baldwin menewaskan sinematografer film Rust, Halyna Hutchins.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Alec Baldwin. Pada Kamis (21/10/2021), senjata properti yang dipakai Baldwin dalam syuting film Rust membuat cedera sutradara Joel Souza dan menewaskan sinematografer Halyna Hutchins.
Foto:

Rantai komando

Baldwin juga membandingkan orang yang sekarat di lokasi syuting dengan orang yang sekarat saat bekerja di industri lain. Dia meminta hadirin untuk memikirkan miliaran amunisi yang ditembakkan untuk film dan TV dalam 75 tahun terakhir dengan empat kasus yang menewaskan insan film.

Baldwin juga meminta masyarakat untuk membandingkan dengan korban di industri opioid, industri penerbangan, industri otomotif, industri senjata. Baldwin lalu menyoroti catatan keamanan industri film dan televisi.

photo
Foto sinematografer Halyna Hutchins dipajang dalam acara peringatan kematiannya, Sabtu (23/10/2021). Hutchins meninggal setelah tertembak senjata properti film Rust yang dipegang aktor Alec Baldwin. - (AP)

Menurut Baldwin, ada rantai komando dalam hal penanganan senjata di lokasi syuting. Dia mengindikasikan bahwa melanggar protokol itu adalah ilegal dan melawan aturan. Dia mengklaim selama ini kariernya tanpa insiden dan tidak pernah punya masalah.

"Saya mengandalkan para ahli keamanan di sana untuk menyatakan pistol itu aman dan menyerahkan pistol itu kepada saya. Tidak pernah ada masalah," ujar dia.

Baldwin mengingat Halyna sebagai seseorang yang tidak hanya dicintai oleh orang-orang, tetapi juga dikagumi di lokasi syuting. Baldwin juga berbicara tentang bagaimana hidupnya telah berubah.

"Saya terlibat dalam situasi dengan seseorang terbunuh. Itu mengubah hidup saya hanya dalam hal fungsi senjata di film dan televisi," kata dia.

Ketika rencana penampilan Baldwin di festival terungkap pada bulan lalu, reaksi negatif muncul di Twitter. Fox News berusaha untuk meliput acara tersebut, tetapi tidak mendapat persetujuan.

Perwakilan Baldwin meminta agar media yang biasanya tidak menghadiri festival film agar tidak diberikan kredensial. Perwakilan Baldwin tidak segera menanggapi permintaan komentar Fox News.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ تُرْجِيْ مَنْ تَشَاۤءُ مِنْهُنَّ وَتُـْٔوِيْٓ اِلَيْكَ مَنْ تَشَاۤءُۗ وَمَنِ ابْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكَۗ ذٰلِكَ اَدْنٰٓى اَنْ تَقَرَّ اَعْيُنُهُنَّ وَلَا يَحْزَنَّ وَيَرْضَيْنَ بِمَآ اٰتَيْتَهُنَّ كُلُّهُنَّۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗوَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَلِيْمًا
Engkau boleh menangguhkan (menggauli) siapa yang engkau kehendaki di antara mereka (para istrimu) dan (boleh pula) menggauli siapa (di antara mereka) yang engkau kehendaki. Dan siapa yang engkau ingini untuk menggaulinya kembali dari istri-istrimu yang telah engkau sisihkan, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan mereka rela dengan apa yang telah engkau berikan kepada mereka semuanya. Dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui, Maha Penyantun.

(QS. Al-Ahzab ayat 51)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement