Selasa 08 Mar 2022 21:56 WIB

Polisi Bangun MCK untuk Pengungsi Korban Gempa Pasaman

Saat ini air bersih sangat penting bagi korban gempa Pasaman yang megungsi.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ilham Tirta
Warga korban gempa mengisi air bersih untuk kebutuhan mereka di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Selasa (8/3/2022).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Warga korban gempa mengisi air bersih untuk kebutuhan mereka di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Selasa (8/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PASAMAN -- Polres Pasaman bersama Polda Sumatra Barat membangunkan sarana mandi cuci kakus (MCK) untuk masyarakat yang mengungsi pascagempa di Kabupaten Pasaman akhir Februari 2022, lalu. Fahmi menyebut, saat ini air bersih sangat penting bagi masyarakat pengungsi.

"Pembangunan MCK merupakan salah satu layanan penting dalam penanganan pengungsi,” kata Kapolres Pasaman AKBP, Fahmi Reza, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga

Bila ketersediaan air bersih terbatas, pengungsi bisa diserang berbagai macam penyakit.

MCK darurat tersebut masing-masing tersedia 4 kamar mandi untuk laki dan perempuan, empat toilet, dan serta satu tempat mencuci.

Selain itu, Polres Pasaman juga membantu menyediakan serta menyalurkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengungsi. Penyaluran air bersih menggunakan dua unit mobil tangki air yang telah diserahkan Polres Pasaman sebelumnya. Selanjutnya, air tersebut didistribusikan ke lokasi-lokasi pengungsian.

Beberapa hari pasca gempa, tim medis memang telah mendeteksi pengungsi yang diserang penyakit. Seperti diare, demam, dan lain-lain. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan air bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement