Jumat 18 Mar 2022 10:02 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Empat Akses Pintu Zina

Zina adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Empat Akses Pintu Zina
Foto:

Kaum Muslimin Jama’ah yang dirahmati Allah,

Ayat diatas jelas dengan terangnya Allah menyebut betapa kejinya dan buruknya perbuatan zina. Sini Allah jelaskan dengan adanya kata فَـاحِـشَـةً  (fahisyatan) dalam ayat tersebut, yang menurut Ibnu Qayyim memahaminya bahwa zina merupakan perbuatan keji atau kotor yang sudah mencapai tingkat tinggi dan diakui kekejiannya oleh setiap pelakunya.

Ayat diatas Allah juga memberitahukan kepada kita bahwa zina adalah seburuk-buruk jalan, karena ia merupakan jalan menuju kebinasaan dan kehinaan didunia, serta mendatangkan siksa dan azab Allah di akhirat.

إِنَّـهُ كَـانَ فَـاحِـشَـةً وَمَـقْـتًـا وسَـاءَ سَـبِـيْـلًا …..

Sesungguhnya perbuatan itu (zina) amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh).(QS. An-Nisa:22)

Kaum Muslimin Jama’ah Juma’at yang dirahmati Allah,

Seorang Mukmin yang beriman wajib hukumnya menjauhi dan menghindari perbuatan ini, serta wajib menutup akses pintu yang membuka peluang terjadinya perbuatan tersebut.

Akses pintu yang pertama adalah al-lahazhat, yang berarti pandangan pertama. Ini bisa dikatakan sebagai timbulnya syahwat. Ia merupakan awal sebab timbulnya segala bentuk kejahatan dan kedurhakaan. Maka barang siapa yang melepaskan pandangan tanpa kendali, niscaya dia akan menjerumuskan dirinya sendiri pada jurang kebinasaan.

Rasulullah bersabda:”janganlah kamu ikuti pandangan pertama itu dengan pandangan berikutnya, pandangan boleh buat kamu, tapi tidak dengan pandangan selanjutnya.”(HR. At-Turmudzi)

Dalam hadist Riwayat Ahmad, Rasulullah bersabdah,”Pandangan itu adlah panah beracun dari panah iblis. Maka barang siapa yang memalingkan pandangannya dari kecantikan seorang wanita, ikhlas karena Allah semata, maka Allah akan memberikan di hatinya kelezatan sampai pada hari kiamat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement