Senin 28 Mar 2022 11:44 WIB

Konser Terakhir Sambil Duduk, Phil Collins Pamit dari Panggung Musik

Phil Collins putuska pamit dari dunia musik karena sakit.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Legenda musik Phil Collins menyampaikan salam perpisahan kepada para penggemar di perhelatan konsernya yang terakhir.
Foto: EPA-EFE/PAUL BERGEN
Legenda musik Phil Collins menyampaikan salam perpisahan kepada para penggemar di perhelatan konsernya yang terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda musik Phil Collins menyampaikan salam perpisahan kepada para penggemar di perhelatan konsernya yang terakhir. Mantan drummer dan lead vocal band Genesis tersebut memutuskan untuk mundur dari hiruk-pikuk panggung pertunjukan karena alasan kesehatan.

Collins yang kini sudah berusia 71 tahun menghibur para penggemar sambil duduk di atas panggung selama konser berlangsung. Meski memiliki keterbatasan karena kesehatannya, Collins masih mengundang gelak-tawa para penggemar lewat gurauannya. Terlebih, ketika dia "curhat" kepada para penggemar bahwa dia harus menemukan pekerjaan yang nyata setelah mundur dari dunia musik.

Baca Juga

Dalam beberapa tahun terakhir, Collins dikabarkan mengalami beberapa masalah kesehatan. Salah satu di antaranya adalah dislokasi vertebra di leher pada 2007 yang menyebabkan kerusakan pada saraf lengan kirinya.

Mulai dari 2015, Collins juga membutuhkan tongkat untuk berjalan. Lalu pada September, Collins mengungkapkan bahwa dia tak lagi bisa menggenggam stik drum dengan baik.

Collins mengakui bahwa kesehatannya membawa beragam perubahan. Meski begitu, keterbatasan ini tak menghentikan Collins untuk melakukan konser, termasuk konser perpisahannya kali ini, meski dia hanya bisa melakukan pertunjukkan dalam posisi duduk selama konser.

"Melakukan pertunjukan sambil duduk mengubah beberapa hal. Tapi yang saya ketahui dari tur solo saya sebelumnya, itu tidak menjadi penghalang," jelas Collins, dilansir dari people, Senin (28/3/2022).

Meski dia melakukan pertunjukan dalam posisi duduk, Collins mengatakan para penonton masih mendengarkannya. Mereka juga memberikan respons seperti layaknya dalam konser-konser yang lain.

Di konser terakhirnya ini, Collins ditemani oleh dua anggota Genesis yaitu Mike Rutherford dan Tony Banks. Anggota Genesis original, yaitu Peter Gabriel dan Steve Hackett, tampak tidak ikut hadir dalam konser tersebut. Konser perpisahan Collins ini digelar di The O2, London.

Genesis sendiri merupakan band yang dibentuk pada 1967 dan mulai meraih popularitas pada 1970-an. Band ini berhasil menjual album lebih dari 100 juta kopi.

Collins mulai bergabung bersama Genesis sebagai drummer dan backing vocal pada 1970. Collins lalu menjadi lead vocal pada 1975.

Baca juga : D'Masiv Alami Kecelakaan, Begini Kondisinya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement