Selasa 29 Mar 2022 23:27 WIB

Muhammadiyah Persilakan Sholat Tarawih Berjamaah tanpa Jarak, Asalkan... 

Muhammadiyah keluarkan panduan ibadah selama Ramadhan termasuk tarawih

Red: Nashih Nashrullah
Logo Muhammadiyah. Muhammadiyah keluarkan panduan ibadah selama Ramadhan termasuk tarawih
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah. Muhammadiyah keluarkan panduan ibadah selama Ramadhan termasuk tarawih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerbitkan Edaran 01/2022 soal Panduan Penerapan Protokol Kesehatan Kegiatan Ibadah pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443H yang salah satunya mengatur tentang pelaksanaan Sholat Tarawih oleh umat Islam secara berjamaah di masjid.

"Pengurus masjid/mushala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah sholat fardu, Tarawih, dan Jumat secara berjamaah dengan memenuhi ketentuan," demikian bunyi edaran yang ditandatangani Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekum Muhammadiyah Abdul Mu'tiditerima di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga

Pelaksanaan sholat fardu, tarawih, dan Jumat berjamaah hanya boleh dilakukan bagi jamaah yang sehat, sedangkan mereka yang sakit tidak diperkenankan ikut sholat berjamaah. Tidak ikut Sholat Jumat karena uzur/sakit dapat diganti dengan sholat Zuhur di rumah.

Penyampaian khutbah atau ceramah dilakukan maksimal 15 menit. Tidak mengedarkan kotak infak dan disimpan di tempat tertentu dengan diperhatikan pengaturan agar tidak berkerumun. Apabila jumlah anggota jamaah banyak, maka dapat dimungkinkan sholat berjamaahdilakukan dalam dua sesi atau sesuai keperluan.