Ahad 01 May 2022 20:05 WIB

Macam-Macam Wakaf dan Contoh Saktinya, Yuk Simak!

Manfaat wakaf mengalir deras hingga kehidupan kekal kita di akhirat

Red: Christiyaningsih
Manfaat wakaf mengalir deras hingga kehidupan kekal kita di akhirat.
Foto:

Contoh Wakaf Waktu dan Harta yang Diwakafkan

  1. Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesehatan

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dampak pemanfaatan wakaf sangat besar, terutama untuk Sustainable Development Goals (SGDs) atau kerap disebut Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Terdapat 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SGDs) menurut PBB.

    Seluruh negara di dunia sedang berperang menghadapi Covid-19, maka dari itu kesehatan jadi prioritas SGDs yang digalakkan. Kesehatan merupakan aspek penting agar masyarakat dapat menghadapi new normal dengan baik.

    Nah, pemanfaatan dana wakaf dapat digunakan untuk membangun fasilitas kesehatan sebagai bentuk pembangunan berkelanjutan. Dengan begitu, semua kalangan masyarakat sehat dan kekhawatiran berkurang

  2. Pengembangan Skill

    Mengutip dari Direktur Jenderal ILO (International Labour Organization) bahwa pekerjaan yang layak harus diwujudkan, tidak hanya sekadar definisi. Pengembangan skill yang mumpuni akan menghasilkan SDM yang unggul.

    Dana wakaf dapat digunakan untuk mengembangkan keahlian atau skill, contohnya pembangunan Khadijah Learning Center Dompet Dhuafa, sebuah laboratorium wirausaha untuk menciptakan kemandirian perempuan. Dengan demikian, dana wakaf tersalurkan secara optimal untuk pelatihan berkelanjutan, bahkan sepanjang hayat.

  3. Wakaf untuk Pendidikan

    Pengelolaan dana wakaf yang optimal dapat berdampak baik untuk pendidikan di Indonesia, seperti Pusat Belajar Mengaji. Wakaf dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga dan peserta didik dengan fasilitas yang mumpuni.

    Begitu besarnya dampak dana wakaf yang dikelola secara transparan, maka manfaatnya pun juga mengalir deras. Jadi, sudah tidak ragu lagi, kan buat ikut Tabung Wakaf?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement