Senin 02 May 2022 14:20 WIB

Siang Hari Ini 19 Ribu Pengunjung Masuk Ancol

Ancol menyiapkan acara bertajuk Raya Gembira 2022 Ancol hingga 6 Mei.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah warga beraktivitas di area pantai Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Ahad (3/4/2022). Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol tetap dibuka selama Ramadhan dan dapat dimanfaatkan warga untuk beraktivitas menunggu jelang berbuka puasa. Ilustrasi. Siang Hari Ini 19 Ribu Pengunjung Masuk Ancol
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Sejumlah warga beraktivitas di area pantai Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Ahad (3/4/2022). Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol tetap dibuka selama Ramadhan dan dapat dimanfaatkan warga untuk beraktivitas menunggu jelang berbuka puasa. Ilustrasi. Siang Hari Ini 19 Ribu Pengunjung Masuk Ancol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho mengatakan sebanyak 19 ribu pengunjung telah masuk Ancol pada Hari Raya Idul Fitri per Senin (2/5/2022) pukul 12.00 WIB. Angka ini sudah melewati setengah jumlah pengunjung pada hari H Lebaran tahun lalu yang mencapai 30 ribu orang.

"Per pukul 12.00 ini sudah 19 ribu pengunjung yang masuk Ancol," ujar Ariyadi saat dikonfirmasi Republika, Senin (2/5/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, pada awal tahun 2022, rata-rata jumlah pengunjung di hari biasa sekitar 6.000-7.000 orang. Sedangkan, rerata jumlah pengunjung di akhir pekan mencapai 20 ribuan orang.

Dia menuturkan telah menyiapkan acara spesial mulai hari ini sampai 16 Mei mendatang bertajuk Raya Gembira 2022 Ancol. Setelah dua tahun pandemi Covid-19, Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan acara khusus untuk mengisi kerinduan masyarakat pada libur Lebaran tahun ini.

Berbagai acara itu tersebar di berbagai  area rekreasi Ancol, mulai dari pantai, Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures, hingga Putri Duyung. Pada Lebaran tahun ini pemerintah memang memberikan pelonggaran terkait aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kendati demikian, Manajemen Ancol tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Kuota kunjungan masih dibatasi yakni 75 persen dari kapasitas maksimal serta tiket masuk Ancol hanya bisa dibeli secara online dan maksimal H-1 sebelum kunjungan.

Pengunjung juga diminta sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi pada ponsel masing-masing. Sebab, pengunjung wajib melakukan scan check in di Pintu Gerbang Ancol. Selama periode pekan libur lebaran, Manajemen Ancol mengoperasikan empat pintu gerbang eksisting yaitu Pintu Gerbang Timur, Pintu Gerbang Barat, Pintu Gerbang Busway.

Semua kendaraan yang masuk akan diarahkan untuk bisa mengisi kantong parkir dengan kapasitas total 7.000 untuk mobil dan 11 ribu untuk motor. Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan, bisa memanfaatkan fasilitas transportasi gratis yaitu Bus Wara-Wiri dan Kereta Wisata Sato-Sato.

Terdapat 10 unit bus dan empat rangkaian kereta yang siap mengantar pengunjung ke tujuan yang diinginkan. Demi menjaga agar kegiatan rekreasi tetap dalam kaidah protokol kesehatan yang berlaku, Manajemen Ancol juga menyiapkan satgas Covid yang diperkuat oleh unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Manajemen juga melengkapi seluruh area dengan fasilitas tambahan seperti pos keamanan, ambulans, dan mushala. Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, libur Lebaran tahun 2022 menjadi momen pemulihan dan kebangkitan pariwisata Ancol.

"Semoga pekan lebaran tahun ini juga menjadi momen awal pemulihan dan kebangkitan pariwisata Ancol serta Indonesia pada umumnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement