Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

12 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

6 Fakta Terbaru Film KKN di Desa Penari, Tembus 4.6 Juta Penonton

Jumat 13 May 2022 09:02 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Film KKN Di Desa Penari

Film KKN Di Desa Penari

6 Fakta Terbaru Film KKN di Desa Penari, Tembus 4.6 Juta Penonton

VIVA – KKN di Desa Penari adalah salah satu film bergenre horor yang disutradarai oleh Awi Suryadi. Film ini sudah tayang di bioskop sejak tanggal 30 April 2022 lalu. Sejak penayangannya, film ini selalu menjadi sorotan warganet karena diangkat dari sebuah cerita horor yang viral pada tahun 2019 di Twitter. Sebelum itu, penggarapan film KKN di Desa Penari ini sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia. 

Meskipun sempat mengalami penundaan, tapi film ini sukses dinanti-nanti lantaran membuat banyak orang yang merasa penasaran.Secara singkat, film tersebut menceritakan tentang beberapa orang mahasiswa yang harus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa yang mempunyai banyak aturan sampai mengalami kisah mistis. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak fakta menarik film KKN di Desa Penari yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Berangkat dari Kisah Nyata

 

Seperti yang kita ketahui bahwa film KKN di Desa Penari adalah sebuah film yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Beberapa tahun yang lalu, akun Twitter dengan nama Simple Man pernah menuliskan dua thread cerita KKN di Desa Penari. Ia mengunggah dalam dua versi berbeda, yaitu Widya dan Nur, yang diunggah tahun 2019. 

Mulanya akun ini tidak ingin menceritakan kisah tersebut, tapi akhirnya ia mempublikasikan kisah tersebut lantaran banyak pelajaran yang dapat diambil. Sesaat setelah diunggah, tweet tersebut langsung dibanjiri oleh warganet di Twitter. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang turut membagikan kisah mistis yang dialami di desa tersebut. 

2. Penulis dan Nama Asli Desa Masih Jadi Misteri

 

Sejak keviralan utas tentang KKN di Desa Penari tahun 2019 lalu, sosok penulis yang menyebut dirinya sebagai SimpleMan terlihat masih misterius. Bahkan, hingga detik ini belum ada yang mengetahui sosok asli sang penulis. Selain itu, nama desa yang dimunculkan dalam cerita juga masih menjadi teka-teki lantaran sang penulis masih merahasiakannya. 

Ketika itu, SimpleMan hanya menuliskan nama tempat kejadian ke dalam bentuk inisial B. Dan sampai saat ini, akun tersebut masih rajin mengunggah berbagai kisah horor yang dialaminya untuk dibaca oleh warganet di Twitter. 

3. Sempat Tertunda

 

Sejatinya, film KKN di Desa Penari ini sudah rampung sejak tahun 2019 dan dijadwalkan akan tayang pada tahun 2020. Tapi, kasus Covid-19 yang terus melonjak membuat perilisan film ini tertunda berkali-kali sampai tertunda selama dua tahun lamanya. 

Sejak awal tahun 2022, film ini sudah dijadwalkan akan tayang pada bulan Februari, tapi akhirnya ditunda kembali lantaran PPKM dan kasus Covid-19 kembali melonjak. Setelah itu, film horor KKN di Desa Penari akhirnya berhasil ditayangkan pada 30 April 2022. 

4. Biaya Produksi Miliaran

 

Produser KKN di Desa Penari, Manoj Punjabi pernah mengatakan bahwa proses penggarapan film ini memakan biaya yang sangat besar, yakni menyentuh angka puluhan miliar rupiah. Dana ini belum termasuk biaya tambahan yang harus dikeluarkan setelah produksi. 

Selain faktor dana yang sangat besar, Manoj Punjabi juga mengatakan bahwa proses pembuatan film KKN di Desa Penari mengalami banyak sekali tantangan. Salah satunya adala musim hujan yaitu pada bulan November dan Desember yang membuat set di hutan sempat lengser. 

5. Diikuti oleh 14 Orang Mahasiswa

 

Film KKN di Desa Penari diikuti oleh 14 orang mahasiswa, tapi bila melihat di dalam film, hanya berfokus kepada 6 orang mahasiswa saja, yaitu Widya (Adinda Thomas), Nur (Tissa Biani), Ayu (Aghniny Haque), Wahyu (M Fajar Nugraha), Bima (Achmad Megantara), dan Anton (Calvin Jeremy). Karena keenam orang ini saling terikat satu sama lain. 

Sementara itu, penonton film yang diproduksi oleh MD Pictures ini mengatakan bahwa para aktor tersebut tepat dalam memerankan setiap karakternya. Tidak heran bila film ini menjadi perbincangan hangat warganet di media sosial. 

6. Tembus 4.6 Juta Penonton

 

Prestasi demi prestasi terus diperoleh film KKN di Desa Penari yang sudah tayang sejak tanggal 30 April 2022 lalu. Memasuki hari ke-13 penayangan, film yang digarap oleh Awi Suryadi ini sudah menembus angka 4.6 juta penonton. Capaian ini tentu saja membuat KKN dI Desa Penari menjadi film horor di Tanah Air yang paling laris. 

Melalui akun Instagram resmi KKN di Desa Penari, data memperlihatkan bahwa sudah ada 4.6 juta penonton yang sudah bertemu dengan Badarawuhi di bioskop sampai pukul 10.50 WIB, Jumat, 13 Mei 2022. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile