Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Miris! God Must be Crazy Untung Rp 883 Miliar, Nixau Toma Cuma Dibayar Rp 4 Juta

Kamis 19 May 2022 04:59 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Nixau Toma

Nixau Toma

Ingat Nixau Toma pemeran di film God Must be Brazy? Berapa honornya?

VIVA – Film meraup keuntungan fantastis memang bukan hal yang mengagetkan. Sebuah cuitan panjang di Twitter dari akun @iamabayorr viral, yang membahas mengenai salah satu film yang menghasilkan keuntungan ratusan miliar tetapi aktornya hanya di bayar Rp 4 juta.

 

“Nixau Toma dari Namibia, pemeran utama dalam 'Gods Must be Crazy'. Film ini menghasilkan penjualan $60 Juta, tetapi Toma hanya diberi $300,” tulisnya.

Penghasilan USD60 juta itu setara dengan Rp 883 miliar, sementara bayaran sang aktor USD300 setara dengan Rp 4 juta.

Dalam cuitan berikutnya, ia menuliskan infromasi mengenai latar belakang sang aktor utama Nixau Toma.

“NiXau Toma lahir di wilayah Tsumkwe di Namibia, dia adalah seorang petani yang meraih ketenaran di seluruh dunia setelah tampil dalam peran utama The Gods Must Be Crazy, sebuah film komedi 1980,” sambungya.

Dalam film tersebut, NiXau muncul sebagai Xixo yang digambarkan sebagai pemimpin lembut dari klan suku Khoisan setempat. Dikisahkan, ia merupakan seorang bushman yang mabuk dengan senyum lucu, lalu menemukan sebotol Coca-Cola yang dibuang dari pesawat.

Dia melihat botol itu sebagai objek asing, dan itu menjadi komedi yang sangat lucu.

Cuitan selanjutnya ia menekankan kembali mengenai permasalahan pembayaran aktor pada film yang sangat laris tersebut.

“Film ini dilaporkan menghasilkan lebih dari $60 juta, tetapi aktor utama N!xau Toma hanya dibayar $300,” tulisnya.

Akun twitter @iamabayorr menuliskan juga informasi kenapa Nixau Toma mendapat dan menerima bayaran tersebut.

“Jamie Uys, sutradara film Afrika Selatan yang menemukan aktor tersebut, mengatakan NiXau tidak tahu pentingnya uang kertas pada awalnya, jadi dia menerima gaji pertamanya sejumah $300. NiXau Toma, seorang petani Namibia, adalah seorang pemimpin San, suku penduduk asli Afrika Selatan dan Namibia,” tulisnya.

 

Setelah ketenaran yang ia dapatkan, ia mulai mengetahuinya. Bagaimana nasibnya sekarang?

“Surat kabar Namibia menerbitkan bahwa N!xau setelah karir filmnya memudar pada tahun 2000. Dia kembali ke Namibia, di mana dia merawat ternaknya dan menjadi petani yang menanam jagung, labu, dan kacang di sekitar rumah dari bata yang dibangunnya,” tulisnya.

“Sayangnya, aktor humoris Ninxau Toma ditemukan tewas di dekat rumahnya di Namibia pada akhir Juni 2003, setelah dikabarkan pergi mengumpulkan kayu. Dia saat itu berusia 59 tahun dan penyebab pasti kematiannya tidak diketahui. Sebelumnya, ia menderita penyakit TBC,” lanjutnya.

Cuitan akun tersebut pun mendapat perhatian besar dari warganet. Hingga berita ini dibuat, utas tersebut mendapat likes sebanyak 18ribu dan di-retweet lebih dari 7.000 kali.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile