Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

 

17 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu Daftar Universitas Terbaik di Dunia Berikut Ini

Jumat 20 May 2022 01:16 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di Luar Negeri

Bisa menambah ilmu dan memenuhi gengsimu, berikut adalah daftar universitas terbaik di dunia. Sudah tahu mau pilih yang mana?

Pendidikan yang mumpuni menjadi salah satu indikator penentu kemajuan serta kesejahteraan bangsa dan negara. Itulah sebabnya mengecap pendidikan tinggi menjadi keutamaan yang sangat penting.

 

Sejumlah riset seperti World Population Review menyebutkan, lima besar negara dengan kualitas pendidikan yang paling baik mencakup Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Kanada, dan Perancis. Menyusul kemudian lima lainnya adalah Swiss, Jepang, Australia, Swedia, dan Belanda.

Sistem Pendidikan di Dunia

Terlepas dari urutan tersebut, Programme for International Student Assessment (PISA) mengungkapkan, Finlandia adalah satu-satunya negara dengan siswa-siswi yang tingkat harapan hidup serta kesanggupan literasinya tinggi. Tak seperti di Indonesia, Finlandia membebaskan setiap orang menimba ilmu di sepanjang hayatnya, tanpa dibatasi oleh usia.

Berdasarkan US News & World Report 2021, Republik Indonesia menunjukkan taringnya dengan menempati peringkat ke-55 dengan sistem pendidikan terbaik dari 73 negara. Adapun di Asia Tenggara, Indonesia bertengger di urutan ke-4 yang disusul oleh Filipina. Sementara Singapura, Malaysia, dan Thailand sukses di posisi tiga teratas.

Di kancah pendidikan internasional, sejumlah kampus kenamaan yang paling unggul tersebar di Amerika Serikat dan Inggris. Beberapa perguruan tinggi bahkan tak tergoyahkan dan bersaing ketat sebagai kampus nomor satu dunia. Alhasil, banyak calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di sana.

Lalu, sebenarnya universitas apa yang mendapatkan nilai paling baik dari dunia? Berikut adalah ulasannya.

Baca Juga: 8 Universitas Akuntansi dan Keuangan Terbaik di Dunia

30 Universitas Terbaik di Dunia

Ranking

Nama Kampus

Lokasi

Skor

1

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Cambridge, Amerika Serikat

100

2

Universitas Oxford

Oxford, Inggris

99.5

3

Universitas Stanford

Stanford, Amerika Serikat

98.7

4

Universitas Cambridge

Cambridge, Inggris

98.7

5

Universitas Harvard

Cambridge, Amerika Serikat

98

6

California Institute of Technology (Caltech)

Pasadena, Amerika Serikat

97.4

  Imperial College London

London, Inggris

97.3

8

ETH – Zurich Swiss Federal Institute of Technology

Zurich, Swiss

95.4

9

University College London (UCL)

London, Inggris

95.4

10

Universitas Chicago

Chicago, Amerika Serikat

94.5

11

Universitas Nasional Singapura (NUS)

Singapura, Singapura

93.9

12

Universitas Teknologi Nanyang (NTU)

Singapura, Singapura

90.8

13

Universitas Pennsylvania

Philadelphia, Amerika Serikat

90.7

14

Institut Teknologi Federal Swiss (EPFL)

Lausanne, Swiss

90.2

15

Universitas Yale

New Haven, Amerika Serikat

90.2

16

Universitas Edinburgh

Edinburgh, Inggris

89.9

17

Universitas Tsinghua

Beijing, China

89

18

Universitas Peking

Beijing, China

88.8

19

Universitas Columbia

New York, Amerika Serikat

88.7

20

Universitas Princeton

Princeton, Amerika Serikat

88.6

21

Universitas Cornell

Ithaca, Amerika Serikat

88.3

22

Universitas Hong Kong

Hong Kong, China

86.2

23

Universitas Tokyo

Tokyo, Jepang

86.2

24

Universitas Michigan-Ann Arbor

Ann Arbor, Amerika Serikat

86.2

25

Universitas Johns Hopkins

Baltimore, Amerika Serikat

85.9

26

Universitas Toronto

Toronto, Kanada

84

27

Universitas McGill

Montreal, Kanada

84

28

Universitas Nasional Australia

Canberra, Australia

84

29

Universitas Manchester

Manchester, Inggris

84

30

Universitas Northwestern

Evanston, Amerika Serikat

82.8

Sumber: www.topuniversities.com

Baca Juga: Kuliah di Universitas Top Amerika Serikat Bukan Lagi Mimpi Kalau Kamu Ikuti Tips Ini

Top 10 Universitas Terbaik di Dunia

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

    Massachusetts Institute of Technology

    Universitas terbaik sedunia jatuh kepada Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang berlokasi di Cambridge, Boston, Amerika Serikat. 

    Disebut sebagai universitas penelitian terbaik dan terdepan dalam teknologi, MIT telah mencetak segudang prestasi kelas dunia, termasuk sejumlah penghargaan Nobel. MIT sendiri menawarkan 44 gelar sarjana dari berbagai kajian ilmu, seperti Linguistik, Operasi Research Center, Antropologi, Ekonomi Bisnis, Sejarah, Ilmu Otak dan Kognitif, Perencanaan Tata Kota, Aeronautics, Sistem Rekayasa, Matematika, dan masih banyak lagi.

    Adapun kampus yang telah berdiri sejak 10 April 1861 ini mempunyai lima departemen/ fakultas utama, yakni Urban Studies and Planning, Arsitektur, The Media Laboratory, The Program in Art, Culture and Technology, serta The Center for Real Estate.

  2. Universitas Oxford

    Berlokasi di Wellington Square, Oxford, Inggris Raya, kampus tua ini sudah berdiri sejak tahun 1096. Dikenal dengan bangunan kampusnya yang sangat megah, elegan, klasik, berkelas, dan juga unik, Oxford telah berhasil mencetak lulusan yang kemudian menjadi pemimpin Inggris dan juga dunia. 

    Universitas Oxford sendiri memiliki 38 fakultas dengan lebih dari 70 departemen riset serta 22.000 mahasiswa. Terlebih, perpustakaan paling besar di Inggris berada di sana, dengan koleksi buku-buku mencapai 11 juta eksemplar. 

    Adapun Maudy Ayunda (S1) dan Emil Dardak ialah public figure Indonesia yang sukses lulus dari kampus beken tersebut.

  3. Universitas Stanford

    Universitas yang bertempat di Stanford, California, Amerika Serikat ini didirikan oleh Leland dan Jane Stanford pada 11 November 1885. Kampus dengan beragam program studi ini adalah tempat penyanyi Maudy Ayunda melanjutkan pendidikan magisternya. 

    Tak hanya terdepan dengan serangkaian pencapaian akademis. Stanford juga terdepan di ranah olahraga. Kampus ini telah mengantongi lebih dari 240 medali Olimpiade yang diraih oleh para mahasiswanya. Universitas dengan beragam etnis dan ras mahasiswa ini juga telah memenangkan berbagai penghargaan Nobel Prize Laureates hingga Pulitzer Prize.

  4. Universitas Cambridge

    Cambridge University yang berdiri sejak tahun 1209 ini tak hanya menjadi kampus yang syarat masuknya terketat di Inggris, tapi juga di seluruh dunia. Motto yang diemban adalah “Hinc lucem et pocula sacra” yang berarti from here, light and sacred draughts/ dari universitas ini kami menerima pencerahan dan pengetahuan yang berharga.

    Di sepanjang sejarah, Cambridge selalu bersaing dengan Oxford (kerap disebut Oxbridge). Keduanya dipandang sebagai kampus paling elit dan prestisius, baik di Inggris maupun kancah pendidikan mancanegara. Pasalnya, Cambridge kerap melahirkan sejumlah penulis, ilmuwan, hingga politisi Inggris yang populer.

  5. Universitas Harvard

    Harvard University yang sudah berdiri sejak 8 September 1636 ini selalu masuk lima besar kampus terbaik sedunia. Terletak di Cambridge, Amerika Serikat, kampus kenamaan ini selalu mencetak orang-orang besar dalam sejarah dunia.

    Barack Obama dan George Bush, keduanya ialah mantan presiden Amerika lulusan Harvard. Sementara itu, Mark Zuckerberg dan Bill Gates pun diketahui pernah kuliah di Harvard, meski belakangan drop out.  Selain itu, Harvard juga tercatat sebagai bagian dari Ivy League, kelompok kampus prestisius yang terkenal di Amerika. 

    Kampus ini mempunyai berbagai fasilitas dan sarana penunjang pendidikan tinggi, seperti perpustakaan besar dengan beragam koleksi buku. Terdapat juga sejumlah museum seni, sejarah, hingga zoologi.

  6. California Institute of Technology (Caltech)

    California Institute of Technology

    Terletak di Pasadena, Amerika Serikat, Caltech merupakan salah satu kampus paling ternama dalam bidang penelitian. Telah berdiri sejak 1891, ada berbagai kejuruan menarik yang ditawarkan di Caltech. Di antaranya ialah Teknik Kimia, Biologi, Teknik dan Sains Terapan, Kimia, Humaniora dan Ilmu Sosial, Fisika Matematika dan Astronomi, serta beraneka pilihan lainnya.

  7. Imperial College London

    Didirikan oleh Pangeran Albert sejak tahun 1907, Imperial College London bertempat di London, Inggris. Ini adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berbasis riset dan menyandang motto “knowledge is the adornment and protection of the Empire”.

    Universitas kelas dunia ini mengusung misi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat melalui keunggulan dalam teknik, sains, kedokteran, dan juga bisnis.

  8. ETH – Zurich Swiss Federal Institute of Technology

    Eidgenossische Technische Hochschule (ETH) Zurich berlokasi di Zurich, Swiss. Dibangun sejak tahun 1855, kampus kenamaan ini merupakan tempat Albert Einstein mengenyam pendidikan tingginya sampai menjadi profesor.

    Perguruan tinggi berbasis riset ini tak hanya menjadi salah satu yang terbaik di Eropa, tapi juga di seluruh dunia. Dalam sepak terjangnya, ETH Zurich adalah rumah bagi seorang peraih Turing Award hingga 21 ilmuwan yang memenangkan penghargaan Nobel.

  9. University College London

    Kampus bergengsi dari Inggris lainnya ialah University College London (UCL) yang terletak di Bloomsbury, London, Inggris. Kampus multidisiplin ini sudah tersohor di Eropa dan antero dunia dengan reputasi internasionalnya. Kualitas penelitian serta pengajarannya diakui secara menyeluruh di berbagai spektrum akademis.

  10. Universitas Chicago

    Berlokasi di Chicago, Amerika Serikat, Universitas Chicago didirikan tahun 1890 oleh John D. Rockefeller, pengusaha minyak yang dermawan dan tersohor. Universitas swasta tersebut mengemban motto “let knowledge grow from more to more, and so be human life enriched”.

    Dalam perkembangannya, para mahasiswa, dosen, dan alumni jebolan kampus ini telah berperan banyak di berbagai pengembangan disiplin ilmu. Di antaranya mencakup Hukum, Sastra, Agama, Politik, Matematika, Sosiologi dan Ekonomi, termasuk pencetusan aliran pemikiran dan mazhab Ekonomi Chicago hingga Mazhab Arsitektur Chicago.

SDM Cerdas Berkualitas untuk Indonesia Maju

Mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri diharapkan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas untuk memajukan negara.

Adapun salah satu cara yang kerap ditempuh ialah melalui beasiswa, pertukaran pelajar, student loan, program volunteer, summer course, riset hingga seminar tertentu. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di luar negeri, mulailah mempersiapkan segala sesuatunya dengan dengan sebaik mungkin sejak awal. 

Baca Juga: Tips Mudah Adaptasi di Universitas untuk Mahasiswa Baru

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile