Jumat 20 May 2022 23:35 WIB

Tiga Pesepeda Indonesia dalam Perjalanan ke Makkah

Tiga pesepeda asal Indonesia yang akan menuju Mekah singgah di KBRI Bangkok

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Tiga Pesepeda Indonesia dalam Perjalanan ke Mekah Singgah di KBRI Bangkok, Jumat (20/5/2022)
Foto: Dok KBRI Bangkok
Tiga Pesepeda Indonesia dalam Perjalanan ke Mekah Singgah di KBRI Bangkok, Jumat (20/5/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Tiga pesepeda asal Indonesia yang akan menuju Makkah singgah di Kedutaan Besar (KBRI) Bangkok pada pukul 10.00, Jumat (20/5/2022). Ketiganya diterima di pintu gerbang KBRI Bangkok oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman bersama sejumlah pejabat KBRI Bangkok dan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Ketiga pesepeda Indonesia tersebut yaitu Andi Harvin (27 tahun), Chairul Ma’atini (27 tahun), dan Muhammad Fauzan (28 tahun). Mereka menuturkan kisah memasuki wilayah Thailand dari jalur Thailand selatan dengan jarak tempuh harian bersepeda rata-rata 50 km/hari, kecuali pada malam menjelang ketibaan di Bangkok jarak yang di tempuh adalah 190 km/hari.

Andi Harvin bersama Chairul telah meninggalkan kampung halamannya di Gorontalo sejak Juni tahun lalu, sementara Fauzan dari Magelang baru bergabung sejak November 2021. Ketiganya telah melintasi Malaysia sejak 27 April 2022 dan satu bulan sebelumnya berada di Singapura.

Dalam pernincangan dengan Dubes Rachmat, ketiganya menuturkan keinginannya untuk dapat tiba di Makkah guna menunaikan ibadah haji. Sebelum dan selama perjalanan, mereka selalu berkomunikasi dengan komunitas sepeda di negara setempat juga koordinasi dengan rekan-rekan mereka di tanah air mengenai rute perjalanan dan pengurusan dokumen perjalanan.

"Penting untuk menjaga tidak hanya kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental dan persiapan perjalanan yang baik termasuk penguasaan medan tempuh agar perjalanan dapat berjalan baik," ujar Dubes Rachmat kepada tiga pesepeda dalam keterangan pers KBRI Bangkok yang diterima Republika, Jumat.

Di samping itu, Dubes menekanlan untuk memperhatikam pentingnya memastikan kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan agar perjalanan lintas negara berjalan dengan lancar. Tim pesepeda ini berencana akan berada di Bangkok selama 1 minggu untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Myanmar dan India. Selama berada di Bangkok, tim akan melakukan berbagai kegiatan dengan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement