Kamis 02 Jun 2022 18:51 WIB

Kota Mana yang Jadi Episentrum Cacar Monyet di Inggris?

UKHSA telah mendeteksi episentrum cacar monyet di Inggris.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 menunjukkan salah satu kasus cacar monyet di Republik Demokratik Kongo.  Ilmuwan masih belum mengerti penyebab kian banyaknya kasus cacar monyet terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara pada 2022. Inggris mencatat 183 kasus cacar monyet, terbanyak di London.
Foto:

Direktur Clinical and Emerging Infections di UKHSA, dr Meera Chand, mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk memutus rantai penularan. Caranya termasuk dengan pelacakan kontak dan vaksinasi.

"Kami mengingatkan semua orang untuk mewaspadai bintik-bintik baru, bisul, atau lecet di bagian tubuh mana pun," kata dr Chand.

Cacar monyet merupakan penyakit endemik di beberapa bagian Afrika, yang berarti selalu ada secara konsisten, dan menyumbang sekitar 9.000 kasus per tahun. Tetapi, kini cacar monyet telah menyebar secara luar biasa di Eropa, AS, Kanada, Australia, dan bagian lain dunia.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Dalam kebanyakan kasus, cacar monyet termasuk penyakit ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Gejala-gejalanya antara lain:

- Demam

- Sakit kepala

- Nyeri otot

- Sakit punggung

- Menggigil

- Kelelahan

- Keringat malam

- Pilek

- Pembengkakan di kelenjar getah bening

- Bengkak di area selangkangan

- Ruam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement