Kamis 02 Jun 2022 20:24 WIB

Indonesia Kecam Eskalasi Konflik di Masjid Al Aqsa Oleh Pemukim Israel

Pemukim Israel terus lakukan provokasi Masjid Al Aqsa Palestina

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nashih Nashrullah
Pasukan keamanan Israel mengambil posisi saat bentrokan dengan demonstran Palestina di depan kuil Dome of the Rock di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat, 15 April 2022.
Foto: AP/Mahmoud Illean
Pasukan keamanan Israel mengambil posisi saat bentrokan dengan demonstran Palestina di depan kuil Dome of the Rock di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat, 15 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Indonesia mengecam keras aksi pawai bendera dan penyerbuan terhadap kompleks Masjid Al Aqsa oleh pemukim Israel. 

Ketegangan meningkat di seluruh wilayah Palestina setelah pawai bendera kontroversial oleh pemukim Israel di Yerusalem Timur dan serangan harian oleh pemukim ke Kompleks Masjid Al Aqsa. 

Baca Juga

"Indonesia mengecam keras aksi pawai dan inkursi terhadap wilayah kompleks Masjid Al Aqsa yang dilakukan kelompok yang tidak bertanggung jawab," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah, dalam pengarahan media secara virtual, Kamis (2/6/2022). 

Faizasyah mengatakan, aksi tersebut merupakan pelanggaran nyata dari status quo yang disepakati atas Al Aqsa. "Dengan demikian juga merupakan pelanggaran hukum internasional," imbuhnya. 

Indonesia juga menyerukan agar Dewan Keamanan PBB membuat langkah-langkah nyata untuk memastikan tidak ada eskalasi di wilayah pendudukan. Sebab hal-hal seperti itu akan meningkatkan sensitifitas hubungan beragama di masyarakat dunia. 

"Kita mengingatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menahan diri dan tidak mengeskalasi dari apa yang terjadi," tambahnya. 

Sementara itu, pertemuan Menlu RI dan Menlu Palestina pun masih dimatangkan mengingat peristiwa-peristiwa bergejolak yang terjadi di wilayah Palestina oleh Israel. Jika sudah waktunya, kata Faizasyah maka pertemuan akan terselenggara. 

"Rencana pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Menlu Palestina masih terus dipastikan sebab kita memaklumi terhadap perkembangan yang dilihat bersama di wilayah pendudukan tampaknya akan menyulitkan perjalanan untuk pertemuan di antara kedua menlu," kata Faizasyah. 

"Namun kedua pihak terus melakukan persiapan-persiapan substantif dan hal lain bila dapat terselenggara pertemuan tersebut," kata dia. 

Masjid Al Aqsa adalah situs tersuci ketiga bagi Islam. Sementara orang Yahudi menganggap area Kompleks Al Aqsa sebagai Temple Mount atau sisa dari dua kuil kuno kepercayaan mereka. 

Ribuan nasionalis Israel melakukan pawai bendera di Old Town Yerusalem pada Ahad (29/5/2022)Titik akhir pawai bendera yaitu di Tembok Barat, sebuah tempat berdoa Yahudi yang terletak di bawah Masjid Al Aqsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement