Jumat 10 Jun 2022 04:10 WIB

Biografi Singkat Eril Anak Ridwan Kamil yang Meninggal Tenggelam di Sungai Aare

Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Bern, setelah dua pekan dilaporkan tenggelam.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
Emmeril Kahn Mumtadz
Emmeril Kahn Mumtadz

Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril. Putra sulung RIdwan Kamil, Eril ditemukan tidak bernyawa setelah dilaporkan tenggelam sejak dua pekan lalu. Foto: Instagram.
Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril. Putra sulung RIdwan Kamil, Eril ditemukan tidak bernyawa setelah dilaporkan tenggelam sejak dua pekan lalu. Foto: Instagram.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bisa bernafas lega setelah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril, ditemukan. Meski ketika ditemukan sudah tidak bernyawa, Kang Emil dan keluarga yang sudah ikhlas mengucapkan syukur kepada Allah.

Eril ditemukan meninggal dunia usai tenggelam di Sungai Aaree di Kota Bern, Swiss, sejak Kamis (26/5/2022). Jenazahnya ditemukan tergelatak di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, Kamis (9/6/2022). Ridwan Kamil yang mendapatkan kabar anaknya ditemukan sudah mengajukan cuti hingga 19 Juni 2022, dan langsung terbang ke Swiss.

Biografi Eril

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung pasangan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Atlia Praratya lahir di New York, Amerika Serikat, 25 Juni 1999. Eril memiliki dua adik, Camilla Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach.

BACA JUGA: Eril Bukan Satu-satunya, Setiap Tahun 15-20 Orang Tenggelam di Sungai Aare

Eril lahir saat Ridwan Kamil sedang menempuh pendidikan S2 Master Urban Design di University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Saat itu Eril lahir ketika perekonomian keluarga Ridwan Kamil sedang tidak mencukupi. Karena itu, keluarga Ridwan Kamil mendapatkan status "warga miskin kota".

Semasa hidup, Eril mendapatkan pendidikan yang layak. Ia menempuh pendidikan SD (Ibtidaiyah) hingga SMP (Tsanawiyah) dengan menjadi santri di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Bandung. Setelah lulus Tsanawiyah, Eril melanjutkan pendidikan ke SMAN 3 Bandung. Di sekolah menengah atas itu Eril mengambil jurusan IPA.

BACA JUGA: Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Sungai Aare, Ridwan Kamil Langsung Terbang ke Swiss

Tidak hanya aktif belajar saja, Eril juga diketahui aktif berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti sepakbola, musik klasik, serta menjadi anggota OSIS. Setelah lulus SMA, ia mengukuti jejak ayahnya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).


Di ITB, Eril yang menjadi mahasiswa angkatan 2017 mengambil jurusan Teknik Mesin. Eril bahkan sempat menjadi Asisten Laboratorium Mekatronika FTMD ITB selama tiga bulan yakni pada Januari 2020 hingga Maret 2020.

Selama di kampus, Eril tercatat sebagai mahasiswa aktif dalam mengikuti sebuah organisasi Himpunan Mahasiswa Mesin ITB. Sejumlah jabatan sempat dipegangnya, seperti Sekjen Pemilihan (Maret 2018-April 2019), Komandan Lapangan (2019-2021), dan Kepala Divisi Intrakampus (2020 hingga Maret 2021. Pada Oktober 2021 sampai Februari 2022, Eril ditunjuk menjadi Campus Ambassador oleh Skill Up.

Energi Eril tidak hanya dihabiskan di kampus. Ia sempat dua kali magang di perusahaan ternama, yakni di PT Pindad (Persero) sebagai Mechanical Engineering di Bandung, Jawa Barat pada Januari 2021 hingga Maret 2021 dan magang sebagai Insiyur Peralatan Berputar di Badak LNG pada Juli 2021 hingga September 2021.

Prestasinya pun mentereng. Ia mejadi juara pertama Lomba Live Nasional dari UNJ pada Juni 2022, finalis Olympics of History yang digelar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Juni 2016. Selepas lulus kuliah, sejak 2021 Eril menempuh pendidikan Energi Summer School bidang Digitalisasi Energi Industri dan Energi Terbarukan di Peter the Great St. Petersburg Polytechnic University, Russia. Eril sendiri memangku jabatan Presiden di Jabar Bergerak Zillenial sejak 2022.

Tak mau berhenti di Bandung atau Rusia, Eril berangkat ke Swiss untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2. Ia pergi ke negeri penghasil cokelat tersebut untuk mencari kampus bersama ibunda dan adiknya. Sementara Ridwan Kamil saat kejadian sedang berada di Inggris. Ketika mendengar kabar Eril menghilang di Sungai Aare, Ridwan Kamil langsung berangkat ke Swiss hingga pencarian di hari terakhir sebelum pulang ke Indonesia.

Kini setelah dua pekan pencarian, Eril pun ditemukan. Rencananya jenazah Eril akan dibawa pulang ke Indonesia pada Ahad (18/6/2022) dan akan dikebumikan pada Senin (19/6/2022).

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: [email protected]. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement