Jumat 17 Jun 2022 19:10 WIB

Kim Kardashian Disebut Rusak Gaun Ikonik Marilyn Monroe, Pihak Museum: Tidak Benar

Pihak museum yang menyimpan gaun ikonik Marilyn Monroe membantah isu tersebut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kim Kardashian sempat menghebohkan jagat maya akibat rumor tentang kerusakan gaun ikonik mendiang artis Marilyn Monroe.
Foto: AP
Kim Kardashian sempat menghebohkan jagat maya akibat rumor tentang kerusakan gaun ikonik mendiang artis Marilyn Monroe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kim Kardashian sempat menghebohkan jagat maya akibat rumor tentang kerusakan gaun ikonik mendiang artis Marilyn Monroe. Kim mengenakan gaun tersebut untuk menghadiri Met Gala 2022.

Namun tampaknya kabar tersebut masih kontroversial, karena di satu sisi, pihak museum yang memiliki gaun itu membantah adanya kerusakan. Sementara di sisi lain, pihak sejarawan melihat bukti kerusakan.

Baca Juga

"Dari bagian bawah tangga Met, tempat Kim masuk dengan gaun itu, ke bagian atas di mana gaun itu dikembalikan, gaun itu dalam kondisi yang sama saat dipakai," kata Wakil Presiden Penerbitan dan Lisensi Ripley Amanda Joiner, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (17/6/2022).

Joiner mencatat bahwa Kim mengenakan gaun ikonik sepanjang hari Met Gala 2022 dan selama perjalanan dari Florida ke New York. Kardashian mengenakan gaun itu selama beberapa menit untuk penampilan karpet merahnya sebelum diganti dengan replika sepanjang malam. 

Sebelumnya gaun Monroe dipajang di Ripley's Believe It or Not!, sebuah museum di Hollywood. Pihak museum menegaskan tidak ada kerusakan.

"Faktanya tetap bahwa tidak benar, dengan cara apa pun, dia tidak merusak pakaian itu dalam waktu singkat saat dikenakan di Met Gala," jelas Ripley di situsnya.

Situs web mencatat bahwa gaun khusus ini telah dipajang di seluruh dunia, sehingga berisiko rusak. Akan tetapi Scott Fortner, seorang sejarawan Marilyn Monroe, baru-baru ini melalui Instagram-nya membagikan gambar yang menunjukan perbedaan kondisi gaun. Hal itu sebelum dan sesudah gaun Jean Louis itu dikenakan oleh Kardashian. 

Gaun tersebut pernah dikenakan Monroe untuk menyanyikan lagu ulang tahun Presiden John F. Kennedy pada tahun 1962. ChadMichael Morrisette, pemilik “Oh Mannequin!”, turut membantu mengadakan lelang 2016, dan Ripley membeli gaun itu seharga 4,81 juta dolar AS. Dia berkomentar tentang keadaan gaun itu saat ini.

"Kain sutra halus souffle tampaknya kehilangan kristal. Tampaknya juga memiliki beberapa robekan kecil di sepanjang jahitan ritsleting," katanya kepada laman People.

Morrisette menyebutkan bahwa dia mengunjungi pajangan tersebut pada 12 Juni 2022, dan mengambil gambar serta video dari kerusakan tersebut. Dia disewa oleh Julien pada 2016 untuk memajang gaun itu, berikut seluruh lelang lain yang berkaitan dengan Marilyn Monroe.

"Saya telah menangani lebih banyak artefaknya daripada siapa pun di dunia. Saya telah menyentuh SIM-nya. Saya telah menyentuh buku tahunan sekolah menengahnya. Saya telah menyentuh kartu ID-nya ke Korea, ketika dia pergi ke Korea dengan Joe DiMaggio Saya telah menyentuh semua yang pernah dijual, termasuk gaun itu,” ujarnya.

Morrisette mengaku betul-betul tahu seluk beluk gaun tersebut. Begitu pula dengan kerusakannya yang tampak sangat jelas. Dia bahkan sempat menahan tangis, berlari keluar ruangan acara dengan tangan menutupi mulut, menahan air mata, karena tidak percaya kerusakan itu telah dibiarkan terjadi demi aksi publisitas. 

Adapun akun Ripley menyatakan bahwa gaun Monroe akan terus dipamerkan di Los Angeles hingga musim gugur 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement