Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

11 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dokter Florida Diizinkan Pesan Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 5 tahun

Selasa 21 Jun 2022 18:24 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Florida akhirnya bergabung dengan 49 negara bagian lain yang memesan vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia 5 tahun ke bawah melalui program federal.

Florida akhirnya bergabung dengan 49 negara bagian lain yang memesan vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia 5 tahun ke bawah melalui program federal.

Foto: www.freepik.com.
Dokter di Florida diizinkan membeli vaksin melalui program federal.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Florida akhirnya bergabung dengan 49 negara bagian lain yang memesan vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia 5 tahun ke bawah melalui program federal. Hal ini dikonfirmasi oleh Gedung Putih, setelah Gubernur Ron DeSantis mendapat kritik keras karena membuat kebijakan tak akan membeli vaksin.

Sebelumnya, Florida menjadi satu-satunya negara bagian AS yang menolak memesan vaksin selama masa preorder, yang menerima otorisasi dari Food and Drug Administration pada hari Jumat. Otorisasi akhir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) diharapkan datang beberapa hari mendatang, demi membuka jalan bagi kelompok balita untuk divaksinasi. Vaksin akan tersedia untuk anak-anak paling kecil berusia enam bulan.

Baca Juga

Gedung Putih sangat kritis terhadap posisi DeSantis, tetapi dalam sebuah pernyataan hari Jumat, Gedung Putih menyambut baik berita bahwa dia mengizinkan dokter secara individu memesan vaksin untuk pasien mereka.

“Kami telah mulai mengirimkan vaksin ke rumah sakit anak-anak dan dokter anak di setiap negara bagian di negara ini kecuali Florida. Kegagalan gubernur harus dibayar mahal oleh orang tua dan keluarga Florida,” kata koordinator COVID-19 Gedung Putih, Dr Ashish Jha, seperti dilansir dari AP pada Selasa (21/6/2022).

Menurut Jha, vaksin Covid-19 untuk anak akan segera tersedia di apotek dan pusat kesehatan masyarakat yang dapat dipesan sebelumnya langsung dari pemerintah federal. Meskipun memang, rumah sakit anak dan klinik di Florida akan berada di posisi yang kurang menguntungkan dibandingkan negara bagian lain yang mengizinkan dokter memesan selama preorder.

Jha juga mengecam kebijakan DeSantis yang dinilai menempatkan anak-anak pada posisi tak aman di tengah ancaman virus corona yang terus bermutasi. “Kita tahu ada banyak orang tua di AS yang punya anak di bawah 5 tahun telah menunggu vaksin sejak lama, dan kebijakan gubernur saya pikir tak masuk akal,” kata Jha.

Pada konferensi pers hari Kamis, DeSantis mengatakan bahwa dokter dan rumah sakit bisa memesan vaksin Covid-19 untuk anak di bawah usia 5 tahun secara individu. Akan tetapi dia bersikeras bahwa tidak akan ada program khusus dalam memberikan vaksin Covid-19 ke balita dan bayi baru lahir.

Sementara itu, pejabat federal percaya sebagian besar orang tua dari anak-anak berencana untuk memvaksin buah hati mereka dan mengkritik DeSantis karena memperlambat akses ke suntikan.

“Gubernur DeSantis telah berubah pikiran dan sekarang memesan vaksin. Kami pun akan merespon dengan cepat pengiriman vaksin ke Florida. Ini adalah langkah menggembirakan dan kami mendesak negara bagian untuk memesan vaksin, sehingga orang tua di Florida memiliki kesempatan untuk memvaksin anaknya,” kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile