Sabtu 07 Jan 2012 16:13 WIB

Waspadai, Jakarta Hujan plus Petir dan Angin Kencang Hingga Februari

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan cuaca ekstrem di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta masih terus berlangsung sampai akhir Februari. Kepala Bidang Informasi Data BMKG, Harry Tirto Djatmiko, menyatakan cuaca esktrem yang dimaksud adalah curah hujan dengan volume besar.

Adapun masa puncak cuaca ekstrem, kata dia, bakal terjadi pada pertengahan Januari hingga Februari 2012. Kewaspadaan harus selalu ditingkatkan sebab potensi hujan disertai kilat dan petir, hingga angin kencang terus terjadi hingga akhir Februari,” ujar Harry kepada Republika, Sabtu (7/1).

Harry mengimbau masyarakat agar selalu waspada ketika terjadi hujan di malam hari, dini hari, atau menjelang pagi hari. Pasalnya pada waktu tersebut masyarakat banyak yang beristirahat sehingga tidak sigap kalau terjadi bencana.

Kewaspadaan masyarakat diharap semakin meningkat ketika memasuki masa transisi. Harry menyatakan masa transisi ditandai dengan turunnya hujan setelah lewat siang hari atau menjelang malam meski pada pagi harinya cuaca tampak cerah atau panas.

“Masa ini lah sebenarnya kewaspadaan perlu ditingkatkan, karena cuaca esktrem benar terjadi dan cuacanya tidak bersahabat,” kata Harry

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement